Kamis, 17 Januari 2013

LEMBAR PENILAIAN DOSEN


LEMBAR PENILAIAN DOSEN
SEMESTER GENAP 2012/2013

NAMA DOSEN              : ______________  /_________________
MATA KULIAH             : _______________________________
KAMPUS                      : _______________________________

Petunjuk
Bagi yang akan menyelenggarakan evaluasi terhadap proses perkuliahan, untuk itu kami mohon kerjasama saudara memberikan informasi secara jujur, objektif, dan penuh tanggung jawab terhadap dosen Saudara. Hasil penilaian saudara tidak akan berpengaruh terhadap status dan hasil ujian Saudara sebagai mahasiswa. Penilaian dilakukan terhadap aspek-aspek dalam tabel berikut dengan cara melingkari salah satu angka (1-5) pada kolom skor/ lembar yang telah disediakan. 
1 = sangat tidak baik/sangat rendah/tidak pernah
2 = tidak baik/rendah/jarang
3 = biasa/cukup/kadang-kadang
4 = baik/tinggi/sering
5 = sangat baik/sangat tinggi/selalu
No.
Aspek yang dinilai

Skor
A.
Kompetensi Pedagogik
1
2
3
4
5
1.
Kesiapan memberikan kuliah





2.
Keteraturan dan ketertiban penyelenggaraan perkuliahan





3.
Kemampuan menghidupkan suasana kelas





4.
Kejelasan penyampaian materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas





5.
Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran





6.
Keanekaragaman cara pengukuran hasil belajar





7.
Pemberian umpan balik terhadap tugas





8.
Kesesuaian materi ujian dan/atau tugas dengan tujuan mata kuliah





9.
Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar





                                                                                 TOTAL SKOR A





B.
Kompetensi Profesional 
1
2
3
4
5
10.
Kemampuan menjelaskan pokok bahasan/topik secara tepat





11.
Kemampuan memberi contoh relevan dari konsep yang diajarkan





12.
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan bidang/topik lain





13.
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan





14.
Penguasaan akan isu-isu mutakhir dalam bidang yang diajarkan





15.
Penggunaan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas perkuliahan





16.
Pelibatan mahasiswa dalam penelitian/kajian dan atau pengembangan/rekayasa/desain yang dilakukan dosen





17.
Kemampuan menggunakan beragam teknologi komunikasi





TOTAL SKOR B

C.
Kompetensi Kepribadian
1
2
3
4
5
18.
Kewibawaan sebagai pribadi dosen





19.
Kearifan dalam mengambil keputusan





20.
Menjadi contoh dalam bersikap dan berperilaku





21.
Satunya kata dan tindakan





22.
Kemampuan mengendalikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi





23.
Adil dalam memperlakukan mahasiswa





TOTAL SKOR C

D.
Kompetensi Sosial
1
2
3
4
5
24.
Kemampuan menyampaikan pendapat





25.
Kemampuan menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain





26.
Mengenal dengan baik mahasiswa yang mengikuti kuliahnya





27.
Mudah bergaul di kalangan sejawat, karyawan, dan mahasiswa





28.
Toleransi terhadap keberagaman mahasiswa





TOTAL SKOR D





E.
Kompetensi Al-Islam 
1
2
3
4
5
29.
Masuk dan keluar kelas mengucapkan salam





30.
Memulai perkuliahan dengan membaca Basmalah dan selesai dengan hamdalah





31.
Memberikan tauladan yang baik cara berpakaian dan penampilan





32.
Memberikan tauladan baik ketika berbicara





33.
Mengingatkan mahasiswa ketika ada yang berbicara tidak sopan





34.
Mengingatkan mahasiswa ketika berprilaku tidak sopan baik di dalam kelas maupun di luar kelas





TOTAL SKOR E





GRAND TOTAL (A+B+C+D+E)





Saran atau masukan; …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar