Jumat, 10 Februari 2012


Tugas Pengganti Mid Semester Kewirausahaan

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BISNIS MARTABAK INDIA
(ROTI CANAI)


(Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
 mata kuliah Kewirausahaan)





OLEH :

SYARIF
NIM. 109204028
SEMESTER II


PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2011



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan  kehadirat Allah SWT, karena berkat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini dengan baik dan lancar.
Proposal ini merupakan bentuk tugas pengganti MID semester  Mata Kuliah  Kewirausahaan sebagai salah satu penilaian terhadap  proses pembelajaran mata kuliah kewirausahaan podi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar .
Proposal ini tidak dapat tersususn dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing kewirausahaan Bapak Drs. H. Abd. Rijal Saing, M.Si. Semoga budi baik dan jasa-jasa beliau akan mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT. Amin.
Meski dalam penyusunan proposal ini, penulis telah berusaha dengan maksimal, namun penulis masih merasa memiliki kekurangan dalam proposal ini, maka dari itu penulis meminta kritik dan saran pembaca proposal ini. Kami berharap proposal ini dapat bermanfaat begi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Makassar, 1  Juni 2011
                                                                                                                    Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul ................................................................................................  1
Kata Pengantar ................................................................................................ 2
Daftar Isi ....................................................................................................... 3
A.    Latar Belakang .............................................................................. 4
B.     Peluang Bisnis ..............................................................................  4
C.     Nama Usaha .................................................................................  4
D.    Rencana Lokasi Usaha ..................................................................  5
E.     Target Pelanggan ..........................................................................  5
F.      Analisa Pemasaran Produk ............................................................. 5
G.    Analisis SWOT ............................................................................. 6
H.    Memulai  Usaha ............................................................................ 7
I.       Analisis Bisnis ..............................................................................  7
Penutup .......................................................................................................  9
Biodata pengelola ...................................................................................... 10

  

A. Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/ industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.
Sebagai manusia yang berpikir akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, penulis yang merupakan seoang mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan dan minuman yaitu bisnis martabak india (roti canai).
B. Peluang Bisnis
       Hampir semua orang suka makan martabak. Akan tetapi, martabak yang dijual oleh para pedagang kaki lima di kota makassar memiliki banyak kesamaan dengan matabak pedagang kaki lima yang lain yang dapat diteliti dari segi  rasa, model, cara pembuatan, bahkan resep yang sama. Disamping itu, jumlah penduduk kota makassar yang semakin betambah banyaknya. Kemudian dalam membuat tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan. Maka dari itu, martabak yang akan diproduksi seharusnya memiliki perbedaan dan memiliki ciri yang khas.
C. Nama Usaha
        Usaha yang akan didiikan diberi nama MARI BANG SYARIF (Martabak India (roti canai) Bang Syarif )” dengan badan usaha berbentuk perseorangan.
  
D. Rencana Lokasi Usaha
1.   Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut :
·      Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·      Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·      Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
2.   Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Pasar Segar Panakukang, dengan pertimbangan sebagai berikut :
·      Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi  dan sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah.
·      Lokasi dekat dengan Mall Panakukang Makassar.
·      Lokasi adalah pasar modern yang memiliki banyak kelebihan dibanding dengan pasar yang lain yang ada di kota Makassar.
·      Di pasar tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.
E. Target Pelanggan
Target pelanggan Martabak India (Roti Canai) yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.
F. Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :
·      Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
·      Strategi Promosi
1.      Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
2.      Setiap pelanggan yang membeli martabak india (roti canai) akan mendapatkan gantungan kunci Mari Bang Syarif. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
·      Strategi Bisnis
1.      Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
2.      Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.

G. Analisis SWOT:
1. Strength        :
a. Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Potensi usaha sangat besar di Pasar Segar Panakukang, Makassar.
d. Respon masyarakat Makassar yang positif terhadap Makanan.
e. Ciri khas dari martabak india (roti canai) yang menarik perhatian masyarakat.
2. Weekness    :
a. Usaha terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c.  Jumlah tenaga pembantu terbatas.
3. Opportunity:
a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b. Gemarnya masyarakat makassar dalam membeli martabak.
c. Harga yang lebih murah.
4. Threath        :
a.  Timbul usaha yang sejenis.
b. Jaringan usaha yang belum luas.
c.  Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus membeli di daerah luar.
d.  Perhitungan pembelian bahan baku yang tidak tepat sehinggah terjadi kelebihan atau kekurangan stok bahan baku.
e. Rasa martabak yang tidak enak dimakan karena salah racikan dalam pembuatan martabak.

H. Memulai  Usaha
      Dalam memulai usaha ini ada beberapayang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini, yaitu sebagai berikut.
1.      Keinginan meracik sendiri Martabak India (roti canai) secara kreatif.
2.      Tempat/lahan untuk mengolah martabak.
3.      Memperbanyak wawasan tentang pembuatan martabak india (roti canai).
4.      Melakukan survei terhadp pembeli yang mulai datang. Kemudian meminta masukan-masukan yang akan menunjang dan memajukan bisnis ini.
5.      memiliki jaringan pemasaran yang luas.
6.      Mempersiapkan pealatan masak seperti kompor, panci, dan sebagainya.
I. Analisis Bisnis
       Modal Awal
       Peralatan:
Gerobak                                                               Rp       1.500.000,00
Tenda                                                                   Rp           500.000,00                         
Meja dan kursi                                                     Rp           500.000,00
Peralatan masak                                                   Rp        1.000.000,00
Peralatan makan                                                   Rp           700.000,00
Papan nama                                                          Rp           300.000,00
Lain-lain                                                               Rp        1.000.000,00 +
Jumlah                                                                Rp        5.500.000,00

         Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau sama dengan Rp 114.500,00 per bulan.
  
Perkiraan penjualan per bulan
            Asumsi per hari terjual 55 porsi
            55 porsi × Rp 6.000.000,00 × 30 hari          Rp    9.900.000,00

Biaya-biaya:
Penyusutan peralatan                                       Rp         114.500,00
Bahan baku (Rp 180.000,00 × 30 hari)           Rp      5.400.000,00  
Upah pegawai                                                 Rp         750.000,00
Listrik, air, dan gas                                          Rp         230.000,00
Biaya lain-lain                                                 Rp            50.000,00 +
Jumlah                                                           Rp      6.544.500,00

Prive                                                                        Rp        100.000,00

Laba bersih per bulan
            Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih
            Rp 9.900.000,00 – Rp 6.544.500,00 – Rp 100.000,00 = Rp 3.235.500,00

Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode)    
            Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)
            Rp 5.500.000,00 ÷ Rp 3.235.500,00 = ± 1,7 bulan


Jadi modal akan kembali sekitar 1,7 bulan
  


            PENUTUP
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini. Kami berharap semoga usaha yang kami jalankan dapat berkembang, untuk itu kami membutuhkan bantuan dari investor.
Kami yakin dengan rencana ini usaha yang akan kami lakukan mampu memperoleh keuntungan besar.
Dan hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan pertimbangan bagi investor.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


  

BIODATA PENGELOLA


  

                                             
Biodata
Nama                                       : Syarif
Tempat,tanggal lahir                  : Ldg. Mostyn, 3 September 1991
Agama                                     : Islam
Jenis Kelamin                           : Laki-laki
Status                                       : Belum Menikah
Alamat                                     : Kompleks Hasanuddin Blok C No 41, Somba Opu, Kab. Gowa
No Hp                                     : 085 298 453 916
Email                                        : syarif_smantel@yahoo.com


Data Pendidikan
1.   SD Inpres 3/77 Jaling, Kec. Awangpone, Kab. Bone, SUL-SEL berijazah tahun 2004.
2.   SMPN 2 Awangpone berijazah tahun 2007.
3.   SMAN 1 Tellusiattinge berijazah tahun 2010.
4.   Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Makassar (Angkatan 2010)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar