Tugas Pengganti Mid Semester Kewirausahaan
PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BISNIS MARTABAK INDIA
(ROTI CANAI)
(Diajukan untuk memenuhi salah
satu tugas
mata kuliah Kewirausahaan)
OLEH :
SYARIF
NIM. 109204028
SEMESTER II
PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2011
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat dan
karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini
dengan baik dan lancar.
Proposal ini merupakan bentuk tugas
pengganti MID semester Mata Kuliah Kewirausahaan sebagai salah satu penilaian
terhadap proses pembelajaran mata kuliah
kewirausahaan podi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Makassar .
Proposal ini tidak dapat tersususn
dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing kewirausahaan Bapak Drs. H.
Abd. Rijal Saing, M.Si. Semoga budi baik dan jasa-jasa beliau akan mendapatkan
balasan yang baik dari Allah SWT. Amin.
Meski dalam penyusunan proposal ini,
penulis telah berusaha dengan maksimal, namun penulis masih merasa memiliki
kekurangan dalam proposal ini, maka dari itu penulis meminta kritik dan saran
pembaca proposal ini. Kami berharap proposal ini dapat bermanfaat begi penulis
pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Makassar,
1 Juni 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul ................................................................................................ 1
Kata Pengantar ................................................................................................
2
Daftar Isi .......................................................................................................
3
A.
Latar Belakang ..............................................................................
4
B.
Peluang Bisnis .............................................................................. 4
C.
Nama Usaha ................................................................................. 4
D.
Rencana Lokasi Usaha .................................................................. 5
E.
Target Pelanggan .......................................................................... 5
F.
Analisa
Pemasaran Produk ............................................................. 5
G.
Analisis
SWOT .............................................................................
6
H.
Memulai Usaha ............................................................................
7
I.
Analisis Bisnis .............................................................................. 7
Penutup
....................................................................................................... 9
Biodata pengelola
......................................................................................
10
A. Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong
kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan
kemampuan/ skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan
profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena
kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak
jarang kita temui perusahaan/ industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja
(PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.
Sebagai manusia yang berpikir akal sehat maka sudah
sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan
lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup
sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut
diatas, penulis yang merupakan seoang mahasiswa berniat mendirikan dan
menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan dan minuman
yaitu bisnis martabak india (roti canai).
B.
Peluang Bisnis
Hampir semua
orang suka makan martabak. Akan tetapi, martabak yang dijual oleh para pedagang
kaki lima di kota makassar memiliki banyak kesamaan dengan matabak pedagang
kaki lima yang lain yang dapat diteliti dari segi rasa, model, cara pembuatan, bahkan resep
yang sama. Disamping itu, jumlah penduduk kota makassar yang semakin betambah
banyaknya. Kemudian dalam membuat tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi
sehingga memungkinkan bisnis tersebut bisa dijalankan. Maka dari itu, martabak
yang akan diproduksi seharusnya memiliki perbedaan dan memiliki ciri yang khas.
C.
Nama Usaha
Usaha yang akan didiikan diberi nama
“MARI BANG SYARIF (Martabak India (roti canai) Bang
Syarif )” dengan badan usaha
berbentuk perseorangan.
D.
Rencana Lokasi Usaha
1.
Rencana lokasi
operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut
:
·
Lokasi dekat dengan
kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah
Menengah Pertama.
·
Lokasi berada di pusat
keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·
Lokasi berada ditengah
kawasan penduduk.
2.
Lokasi yang kami prioritaskan
adalah di Pasar Segar Panakukang, dengan pertimbangan sebagai berikut :
·
Lokasi dekat dengan
beberapa perguruan tinggi dan sekitar
lokasi terdapat
beberapa sekolah.
·
Lokasi
dekat dengan Mall Panakukang Makassar.
·
Lokasi adalah pasar modern yang memiliki banyak kelebihan dibanding
dengan pasar yang lain yang ada di kota Makassar.
·
Di
pasar tersebut memungkinkan semua kalangan masyarakat dapat bekunjung.
E. Target
Pelanggan
Target
pelanggan Martabak
India (Roti Canai) yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat
ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas.
F. Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan
adalah :
·
Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar,
harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas
usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata
lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
·
Strategi Promosi
1.
Promosi penjualan yang bisa
dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut,
penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
2.
Setiap pelanggan yang membeli
martabak india (roti canai) akan mendapatkan gantungan kunci Mari Bang Syarif. Ini adalah salah satu
bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
· Strategi Bisnis
1.
Mempelajari pesaing, ambil hal-hal
yang baik dari mereka.
2.
Melakukan modifikasi penyajian dan
rasa.
G. Analisis SWOT:
1. Strength :
a. Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Potensi usaha sangat besar di Pasar Segar Panakukang, Makassar.
d. Respon masyarakat Makassar yang positif terhadap Makanan.
e. Ciri khas dari martabak india (roti canai) yang menarik perhatian
masyarakat.
2. Weekness :
a. Usaha terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c. Jumlah tenaga pembantu terbatas.
3. Opportunity:
a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b. Gemarnya masyarakat makassar dalam membeli martabak.
c. Harga yang lebih murah.
4. Threath :
a. Timbul usaha yang sejenis.
b. Jaringan usaha yang belum luas.
c. Kesediaan bahan baku yang
terbatas karena harus membeli di daerah luar.
d. Perhitungan
pembelian bahan baku yang tidak tepat sehinggah terjadi kelebihan atau
kekurangan stok bahan baku.
e. Rasa martabak yang tidak enak dimakan karena salah
racikan dalam pembuatan martabak.
H. Memulai
Usaha
Dalam
memulai usaha ini ada beberapayang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ini,
yaitu sebagai berikut.
1.
Keinginan meracik sendiri Martabak
India (roti canai) secara kreatif.
2. Tempat/lahan untuk mengolah martabak.
3. Memperbanyak wawasan tentang pembuatan martabak india (roti canai).
4. Melakukan survei terhadp pembeli yang mulai datang. Kemudian meminta
masukan-masukan yang akan menunjang dan memajukan bisnis ini.
5. memiliki jaringan pemasaran yang luas.
6. Mempersiapkan pealatan masak seperti kompor, panci, dan sebagainya.
I.
Analisis Bisnis
Modal Awal
Peralatan:
Gerobak Rp 1.500.000,00
Tenda Rp
500.000,00
Meja dan kursi Rp 500.000,00
Peralatan masak Rp 1.000.000,00
Peralatan makan
Rp 700.000,00
Papan nama Rp 300.000,00
Lain-lain Rp 1.000.000,00 +
Jumlah Rp
5.500.000,00
Peralatan yang mengalami penyusutan
selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.500,00 dengan
menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp
5.500.000,00 – Rp 1.500,00)/4 = Rp 1.374.600,00 per tahun atau sama dengan Rp
114.500,00 per bulan.
Perkiraan penjualan per bulan
Asumsi per
hari terjual 55 porsi
55
porsi × Rp 6.000.000,00 × 30 hari
Rp 9.900.000,00
Biaya-biaya:
Penyusutan peralatan Rp 114.500,00
Bahan baku (Rp 180.000,00 × 30 hari) Rp 5.400.000,00
Upah pegawai Rp 750.000,00
Listrik, air, dan gas Rp 230.000,00
Biaya lain-lain Rp 50.000,00 +
Jumlah Rp 6.544.500,00
Prive Rp 100.000,00
Laba bersih per bulan
Penjualan
– biaya-biaya – prive = laba bersih
Rp 9.900.000,00 – Rp 6.544.500,00 –
Rp 100.000,00 = Rp 3.235.500,00
Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode)
Modal
awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan)
Rp
5.500.000,00 ÷ Rp 3.235.500,00 = ± 1,7
bulan
Jadi modal akan kembali sekitar 1,7 bulan
PENUTUP
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini. Kami berharap
semoga usaha yang kami jalankan dapat berkembang, untuk itu kami membutuhkan
bantuan dari investor.
Kami yakin dengan rencana ini usaha
yang akan kami lakukan mampu memperoleh keuntungan besar.
Dan hal-hal yang belum tercantum
pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau
kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan pertimbangan bagi investor.
Atas perhatiannya kami ucapkan
terima kasih.
BIODATA
PENGELOLA
Biodata
Nama
: Syarif
Tempat,tanggal lahir :
Ldg. Mostyn, 3 September 1991
Agama :
Islam
Jenis Kelamin
: Laki-laki
Status : Belum Menikah
Alamat : Kompleks Hasanuddin Blok C No 41, Somba Opu, Kab. Gowa
No Hp : 085 298 453 916
Email : syarif_smantel@yahoo.com
Data Pendidikan
1.
SD Inpres 3/77 Jaling, Kec.
Awangpone, Kab. Bone, SUL-SEL berijazah tahun 2004.
2.
SMPN 2 Awangpone berijazah tahun
2007.
3.
SMAN 1 Tellusiattinge berijazah
tahun 2010.
4.
Mahasiswa Prodi Pendidikan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Makassar (Angkatan 2010)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar