Jumat, 10 Februari 2012

ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)


ILMU ALAMIAH DASAR

LEMBAR KERJA I
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Setelah mempelajari materi pada pokok bahasan 3, maka jawablah pertanyaan berikut ini pada temat yang disediakan.
1.      Manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya mempunyai beberapa kelebihan. Jelaskan!
Jawab: Manusia mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya yaitu manusia mempunyai nalari dimana kemampuan tersebut digunakan untuk melakukan penalaran, pemikiran logis, dan analisis. Hal tersebut digunakan untuk menentukan mana yang baik dan yang tidak. Selain itu manusia juga mempunyai nurani yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnaya. Manusia juga dapat bekomunikasi baik secara lisan maupun tulisan sehingga dapat mengkomunikasian apa yang diinginkan kepada khalayak, Hal inilah yang membuat manusia diangaap lebih dibanding dengan makhluk hidup lainnya.
2.      Jelaskan perkembangan rasa ingin tahu manusia sampai terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)!
Jawab: Manusia diciptakan dengan memiliki naluri, nalari dan nurani. Dengan kemampuan nalari, menusia mampu melakukan penalaran, pemikiran logis dan analisis. Hal tersebut memicu rasa ingin tahu manusia tentang segala yang ada di alam baik yang bersifat makroskopik maupun yang bersifat mikroskopik. Dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami serta pemecahan masalah yang dihadapi tersebut selanjutnya menjadi dasar dari terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
3.      Apakah yang menjadi dasar kepercayaan mitos?
Jawab: Adanya pola pikir masyarakat yang belum maju karena keterbatasanan alat indera manusia yang hanya mengandalkan pengamatan, pengalaman, dugaan, imajinasi maupun kepercayaan yang sekedar hanya ingin memuaskan rasa ingin tahu mereka.

4.      Jelaskan pengertian metode deduksi dan metode induksi!
Jawab: Metode deduksi ialah suatu metode penarikan kesimpulan yang didasarkan pada sesuatu yang bersifat umum (premis mayor) menuju pada yang khusus (premis minor) yang berdasar pada logika. Metode induksi ialah dasar dari perkembangan metode ilmiah sekarang dimana pengambilan kesimpulan dilakukan berdasarkan data pengamatan atau eksperimentasi yang diperoleh.
5.      Metode keilmuan yang merupakan gabungan rasionalisme dan empirisme lebih dapat diandalkan. Jelaskan!
Jawab: Karena dengan menggunakan metode tersebut pertanyaaan-pertanyaan yang ada dapat dijawab secara logika dan masuk akal dan dengan dukungan dari fakta-fakta yang ada, sehingga hasilnya tidak menimbulkan keraguan.
6.      Jelaskan cara-cara yang dilakukan manusia untuk memperoleh pengetahuan melalui pendekatan “Pseudo Science” (Sains Semu)!
 Jawab: Manusia melakukan pengamatan tentang fenomena alam yang terjadi hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka yang umumnya tidak logis meskipun sering diterima sebagai kebenaran.
7.      Jelaskan dengan singkat sejarah pengetahuan yang diperoleh manusia!
Jawab: Pada zaman purba manusia telah mengetahui cara bercocok tanam dan beternak yang diperoleh dari pengalaman dan kemampuannya mengamati alam sekitar. Pada zaman Yunani kemampuan berfikir manusia sudah lebih maju yang ditandai dengan penemuan alat bantu yang lebih baik dan mulai menggunakan akal sehat. Zaman Pertengahan merupakan zaman keemasan bagi Islam. Zaman ini banyak dikebangkan metode eksperimen yang memungkinkan perluasan bidang kedokteran, farmasi, astronomi, kimia, dan biologi. Banyak pula penemuan buku-buku tentang kedokteran yang dipakai sebagi acuan pada dunia Islam dan Eropa. Pada zaman modern banyak penemuan yang merubah pola pikir sebelumnya terutama dengan penemuan empiris yang didukung oleh alat bantu yang lebih baik. Penemuan-penemuan tersebut membuka cara berfikir lebih yang maju, terbuka dan berani meyatakan kebenaran meskipun harus bertentangan dengan pendapat atau kepercayaan yang ada.

LEMBAR KERJA II
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1.      Suatu ilmu pengetahuan dikatakan ilmiah jika memenuhi persyaratan sebagai berikut! Jawab: a. Logis atau masuk akal artinya sesuai dengan kaidah-kaidah pengetahuan yang telah diakui kebenarannya b. Objektif artinya pengetahuan yang didapat harus sesuai dengan objeknya dan didukung oleh fakta empiris. c. Metodik artinya pengetahuan itu diperoleh dengan menggunakan aturan atau cara-cara tertentu yang teratur, dirancang dan terkontrol. d. Sistematis artinya pengetahuan itu disususn dalam satu system yang satu dengan yang lainnya dan saling menunjang sehingga tetap merupakan satu kesatuan yang utuh. e. Universal artinya pengetahuan itu tiadak hanya berlaku atau dapat diamati oleh seseorang atau beberapa orang saja, tetapi semua ornaag berkesemapatan untuk melakukannya melalui cara eksperimen untuk memperoleh hasil yang sama. f. Kumulatif artinya khasana ilmu pengetahuan selalu bertambah dengan hadirnya ilmu pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan yang terbukti salah harus diganti dengan ilmu pengetahuan yang benar (tentatif).
2.      Timbulnya pengetahuan nonilmiah pada umumnya tidak dapat dibuktikan namun diterma oleh masyarakat pada saat itu. Hal ini disebabkan oleh faktor…
Jawab: Pengetahauan nonilmiah diterima masyarakat karena mereka belum memiliki wawasana yang luas tentang alam semesta. Banyaknya mitos, prasangka dan sebagainya menyebabkan masarakat terpengaruh akan hal tersebut sebagai rasa lega bahwa pertanyaan yang muncul telah terjawab.
3.      Kapan suatu pengetahuan dikatakan ilmiah?Sebutkan!
Jawab: Suatu pengetahuan dikatakan ilmiah jika hal tersebut telah memenuhi syaratsyarat suatu ilmu pengetahuan. Diantaranya logis, objektif, metodik, sistematis, universal dan kumulatif. Serta mengikuti langkah-langkah operasional metode ilmiah yakni perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis dan penarikan kesimpulan.
4.      Mengapa langkah-langkah dalam metode ilmiah harus dilakukan secara berurutan?Jawab dengan singkat!
Jawab: Karena jika tidak dilakukan secara berurut maka akan mengakibatkan kerancuan dalam pembuatan suatu karya ilmiah dan hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil dari penelitian yang kita lakukan.
5.      Dengan metode ilmiah yang merupakan ciri khas pengetahuan ilmiah kana menuntun pembentukan seorang ilmuwan mempunyai sikap ilmiah. Sebutkan minimal 6 sikap ilmiah tersebut!
Jawab: a. Jujur Ilmuwan wajib melaporkan hasil pengamatannya secara objektif dan jujur sehingga hasil penelitiannya tersebut jika diuji oleh peneliti yang lain akan memberikan hasil yang sama. b. Terbuka Seorang ilmuwan harus mempunyai pengetahuan yang luas, terbuka terhadap pendapat orang lain, jauh dari praduga dan menghargai gagasan baru orang lain meskipun untuk menerimanya harus melakukan pengujian terlebuh dahulu. c. Toleran Seorang ilmuwan tidak akan merasa dirinya paling hebat, bersedia belajar dari orang lain atau membandingkan pendapatnya dengan orang lain serta tidak pernah memaksakan pendapatnya kepada orang lain. d. Skeptis Dalam mencarai kebenaran seorang ilmuwan akan bersikap hati-hati, meragukan sesuatu dan skeptis, tetapi kritis sehingga akan menyelidiki dahulu bukti-bukti yang mendasari suatu kesimpulan. e. Optimis Seorang ilmuwan tidak akan mengatakan sesuatu tidak dapat dikerjakan sebelum memikirkan dan mencoba mengerjakannya terlebih dahulu. f. Pemberani Sifat ilmuwan yang selalu mencari kebenaran maka akan berani melawan ketidak benaran, kepura-puraan yang akan menghambat kemajuan meskipun harus merugikan dirinya sendiri. g. Kreatif dan Inovatif Selalu ingin mendapatkan, menciptakan, memvariasikan sesuatu yang baru terutama guna mendapatkan nilai tambah.
6.      Jelaskan pengertian IPA klasik dan IPA modern!
Jawab: a. IPA klasik adalah ilmu pengetahuan yang telaahnya mengikuti kaida ilmu tradisional berdasarkan pengalaman, kebiasaan dan bersifat makroskopik. b. IPA modern adalah ilmu pengetahuan yang muncul berdasarkan penelitian maupun pengujian dan telah diadakan pembaharuan yang dikaitkan dengan berbagai disiplin ilmu yang ada.
7.      Berilah bukti bahwa ilmu pengetahuan akhir-akhir ini berkembang dengan pesatnya! Jawab: Akhir-akhir ini ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai contoh adalah bioteknologi dimana wanita yang divonis tidak dapat hamil sekarang telah dapat hamil dengan menjalani program bayi tabung. Namun perkembangan tersebut harus diperhitungkan terhadap kehidupan sosial masyarakat.


LEMBAR KERJA III
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1.      Apa yang dimaksud dengan bumi sebagai suatu sistem?Jelaskan! Jawab: Bumi sebagai suatu sistem maksudnya bumi memiliki bagian-bagian yang menyusunnya, bagian-bagian tersebut saling berhubungan dan bekerja sama dalam menjalankan fungsinya. Karena hal terebut sehingga bumi menjadi satu-satunya planet yang ada di tata surya kita yang dapat dihuni makhluk hidup.
2.      Jelaskan tentang ketiga jenis batuan pembentuk kerak bumi! Jawab: a. Batuan beku (batuan magma) Terjadi dari magma cair dan panas membeku di dalam atau di luar bumi akibat temperaturnya turun. b. Batuan sedimen (endapan) Batuan yang terbentuk dari kikisan air, angin es terhadap batuan yang kemudian mengendap dan membatu dan adapula yang tetap gembur. c. Batuan metamorf (batuan malihan) Batuan sedimen atau batuan beku yang telah mengalami perubahan sifat, karena suhu yang tinggi atau tekanan yang berat.
3.      Jelaskan tentang keempat lapisan utama atmosfer? Jawab: a. Troposfer Lapisan yang paling dekat dengan matahari. Lapisan setebal 10 mil (± 16 km) terletak pada daerah khatulistiwa, kemudian menipis hingga hanya 5 mil (± 8 km) pada kutub-kutub bumi. b. Stratosfer Lapisan ini mulai dari 18 km sampai 60 km diatas bumi. Lapisan ini banyak mengandung ozon (O3) yang mudah menyerap radiasi ultraviolet dari matahari. c. Mesosfer Pada lapisan ini ditandai dengan adanya penurunan suhu rata-rata 0,40C setiap naik 100 m. Suhu pada bagian teratas dari lapisan ini mencapai -1400C. Lapisan ini terletak antara ketinggian 60 km sampai 85 km d. Ionosfer Lapisan yang terletak di atas 50 mil dari mesosfer, dengan tekanan udara sangat rendah, sehingga semua partikel terurai menjadi ion-ionnya. 1. Tuliskan dan jelaskan jenis-jenis gas yang terdapat dalam atmosfer! Jawab:
a. Nitrogen 78% b. Oksigen 21% 
c. Argon 0,9% d. Karbondioksida 0,03% e. Krypton, neon, xenon, hydrogen, helium, dan ozon 0,07% 1. Tuliskan minimal 3 cara menentukan umur bumi, dan kesimpulan apa yang dapat diambil dari teori tersebut! Jawab: a. Teori Sedimen Pengukuran usia bumi didasarkan pada perhitungan tebalnya lapisan sedimen yang membentuk batuan. Dengan mengetahui ketebalan lapisan sedimen rata-rata yang terbentuk tiap tahunnya dan membandingkan dengan tebal batuan yang terdapat di bumi sekarang ini, maka dapat diperhitungkan umur lapisan tertua kerak bumi. Kesimpulannya bahwa b. Teori Kadar Garam Pengukuran berdasarkan perhitungan kadar garam di laut. Diduga bahwa mula-mula laut itu berair tawar. Akibat sirkulasi air dalam alam ini, maka air yang mengalir dari darat melalui sungai ke laut, membawa garam-garam. Dengan mengetahui kenaikan kadar garam tiap tahun maka kita dapat menentukan usia bumi. c. Teori Termal Teori ini mengukur usia bumi berdasarkan perhitungan suhu bumi. Diduga, mula-mula bumi merupakan batuan yang sangat panas, yang lama kelamaan mendingin. Dengan mengethui massa dan suhu bumi saat ini, maka ahli fisika Bangsa Inggris, Elfin memperkirakan perubahan bumi dari batuan yang sangat panas menjadi batuan yang dingin seperti ini memerlukan waktu 20.000 juta tahun. Kesimpulannya bahwa setiap tahunnya bumi mengalami perubahan yang signifikan akibat dari alam maupundari manusia. 

LEMBAR KERJA V
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Beri contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk menggambarkan pengertian mengenai populasi! Jawab: Populasi merupakan kumpulan dua atau lebih individu sejenis yang hidup dalam suatu tempat tertentu. Dalam contoh yang dapat kita lihat sehari-hari yaitu keluarga. Dimana dalam satu keluarga ada bapak, ibu, dan anak. Ini merupakan salah satu contoh populasi yang sederhana. Keluarga merupakan kumpulan beberapa individu sejenis yang bermukim di suatu tempat secara bersama-sama. 
2. Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan bila suatu wilayah kurang rendah tingkat populasi tumbuhan! Jawab: Jika populasi tumbuhan rendah maka hal tesebut akan mempengaruhi individu atau populasi hewan dan manusia sebagai konsumen dari tumbuhan. Sebagai mana kita ketahui bahwa tumbuhan sangat berperan dalam penyediaan makanan bagi hewan dan manusia dimana tumbuhan berperan sebagai produsen yang menghasilkan makanan sendiri sedangkan hewan dan manusia tidak dapat melakukan hal tersebut.
 3. Mengapa komponen abiotik sangat penting dalam suatu ekosistem! Jawab: Karena komponen ini merupakan komponen penunjang dalam suatu ekosistem. Tanpa komponen ini suatu ekosistem tidak akan terbentuk, sebagaimana dalam pengertian ekosistem yaitu hubungan timbak balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Komponen abiotik sangat dibutuhkan demi kelangsungan makhluk hidup yang ada di bumi. Komponen biaotik itu sendiri terdiri dari tanah, air, udara, cahaya yang kesemuanya itu sangatdibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai penghuni suatu ekosistem.
 4. Jelaskan perbedaan antara ekosistem padang rumput dan ekosistem padang pasir! Jawab: Ekosistem padang rumput merupakan kesatuan komunitas padang rumput (populasi harimau berinteraksi dengan populasi gajah yang ada di daerah
padang rumput) yang melakukan suatu hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang bersama-sama membentuk suatu sistem dengan berbagai stuktur kehidupan yang ada di dalamnya. Ekosistem padang pasir merupakan kesatuan komunitas yang ada di padang pasir (populasi kaktus yang berinteraksi dengan populasi ular padang pasir) yang melakukan hubungan timbal balik yang kompleks dengan lingkungannya yang bersama-sama membentuk suatu sistem. 

LEMBAR KERJA VI
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar

1. Jelaskan mekanisme aliran energi dalam suatu ekosistem! Mengapa aliran energi tidak dinyatakan sebagai siklus energi? Jawab: Diawali oleh proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau yang mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk bahan makanan. Apabila tumbuhan trsebut dimakan oleh herbivora (konsumen tingkat I), maka energi yang terdapat dalam tumbuhan tersebut akan berpidah ke tubuh herbivora yang tadi. Selanjutnya ketika herbivora tersebut dimakan oleh karnivora (komsumen II) secara otomatis energi yang ada dalam herbivora tersebut akan berpidah ke karnivora. Demikianlah seterusnya aliran energi yang terjadi. Aliran energi tidak dinyatakan dalam siklus energi karena sebagai mana kita ketahui bahwa siklus terjadi perputaran secara terus menerus dari awal kembali ke awal lagi. Sedang kita ketahui bersama bahwa dalam aliran energi setelah mencapai pengurai maka aliran energi tersebut akan terhenti.
2. Buat suatu skema urutan-urutan yang menggambarkan suatu rantai makanan beserta nama-nama makhluk hidup yang menyusun rantai makanan tersebut! Jawab: Padi → Tikus → Ular → Burung Elang → Pengurai (ketika burung elang mati maka akan diuraikan oleh organism pengurai)
3. Apa yang dimaksud dengan kompetisi? sebutkan salah satu contohnya! Jawab: Kompetisi merupakan suatu bentuk tindakan yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya yang dilakukan baik berupa perkelahian maupun adu kecepatan dengan berusaha untuk menjadi yang
terbaik. Contoh, misalnya berbagai jenis rumput yang hidup di suatu temapat akan melakukan kompetisi untuk memperebutkan air dan mineral demi kelangsungan hidupnya. 
4. Mengapa plasmodium dianggap sebagai jenis simbiosis paratisisme? Jawab: Karena plasmodium merupakan salah satu dari daur hidup nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit malaria yang sebagai mana kita ketahui bahwa malaria merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi menusia.
 5. Jelaskan mekanisme simbiosis mikoriza dengan tumbuhan inangnya! Jawab: Mikoriza merupakan sebuah bentuk simbiosis antara jamur dengan akar tanaman. Hubungan antara jamur dan akar pohon tersebut bersifat saling menguntungkan (mutualisme), yaitu jamur membantu penyerapan unsur hara (terutama fosfor) dan air dari dalam tanah, sebaliknya pohon inang menyediakan sumber karbon hasil fotosintesa untuk jamur.


LEMBAR KERJA VIII
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Jelaskan latar belakang sejarah perkembangan bioteknologi! Jawab: Lebih dari tujuh dasawarsa yang lagu, seorang ilmuan yang paling tanggap pada waktu itu J.B.S. Haldane (1929), meragukan logika yang ada di belakang apa yang kita kenal bioteknologi. “Mengapa harus bersusah payah membuat senyawa apabila mikroba dapat mengerjakannya bagi manusia ?”
Bila tak menemukan mikroba tersebut ciptakanlah makhluk tersebut! EB Wilson menuliskan bahwa kunci untuk memecahkan suatu ,masalah biologi akhirnya harus dicari di dalam sel. Bertentangan dengan popularitasnya, bioteknologi bukan suatu hal yang sangat baru, tapi sudah ada sejak dulu. Dari gagasan tersebut sampai sekarang istilah bioteknologi sudah sangat popular. Penerapan bioteknologi yang berhasil hanya akan mungkin tercapai bila dilakukan pengintegrasan berbagai disiplin ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Dengan kata lain bioteknologi merupakan aplikasi mikroba atau bagian tubuh organisme dalam teknologi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat atau untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk. 2. Sebutkan beberapa produk bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern! Jawab: a. bioteknologi konvensional 1. Yoghurt Untuk membuat yoghurt, susu dipasteurisasi terlebih dahulu, selanjutnya sebagian besar lemak dibuang. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt, yaitu Lactobacillus bulgaricusdan Streptococcus thermophillus. 2. Keju Dalam pembuatan keju digunakan bakteri asam laktat, yaitu Lactobacillus 3. Mentega Pembuatan mentega menggunakan mikroorganisme Streptococcus lactis dan Lectonostoceremoris. Bakteri-bakteri tersebut membentuk proses pengasaman. Selanjutnya, susu diberi cita rasa tertentu dan lemak mentega dipisahkan. Kemudian lemak mentega diaduk untuk menghasilkan mentega yang siap dimakan. a. bioteknologi modern 1. Rekayasa genetika dan Streptococcus. Bakteri tersebut berfungsi memfermentasikan laktosa dalam susu menjadi asam laktat.
Rekayasa genetika merupakan suatu cara memanipulasikan gen untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan sifat yang diinginkan. Rekayasa genetika disebut juga pencangkokan gen atau rekombinasi DNA. Dalam rekayasa genetika digunakan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. Hal itu karena DNA dari setiap makhluk hidup mempunyai struktur yang sama, sehingga dapat direkomendasikan. Selanjutnya DNA tersebut akan mengatur sifat-sifat makhluk hidup secara turun-temurun. 2. Pembuatan vaksin Vaksin digunakan untuk mencegah serangan penyakit terhadap tubuh yang berasal dari mikroorganisme. Vaksin didapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil dari mikroorganisme tersebut. 3. Pembuatan antibiotika Antibiotika adalah suatu zat yang dihasilkan oleh organism tertentu dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan organism lain yang ada di sekitarnya. Antibiotika dapat diperoleh dari jamur atau bakteri yang diproses dengan cara tertentu. 
1. Apa perbedaan bioteknologi konvensional dan modern? Jawab: Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang menggunakan mikrobia, proses biokimia, dan proses genetika alami seperti mutasi serta sederhana atau belum memanfaatkan kajian berbagai ilmu pengetahuan alam. Sedangkan biotenologi modern merupakan bioteknologi yang telah menggunakan alat-alat yang canggih serta modern sudah memanfaatkan kajian ilmu pengetahuan alam seperti gen atau DNA.
 2. Sebutkan beberapa ruang lingkup bioteknologi! Jawab: Ruang lingkup bioteknologi mencakup proses rekayasa genetika dengan memanfaatkan DNA. Selain itu juga memanfaatkan mikrobiologi, proses biokimia, teknologi enzim, rekayasa produk dan sebagainya serta proses genetika alami seperti mutasi. Biotrknologi juga mencakup proses fermentasi
(mulai dari bir dan anggur hingga roti, keju, antibiotika dan vaksin), pengelolaan air dan sampah hingga daur ulang logam dari batuan mineral berkualitas rendah.
 3. Sebutkan Jawab: a. Suatu perluasan dalam kisaran produk berharga baik yang berasal dari system tradisional maupun rekayasa genetika b. Kemampuan memperoleh bahan baku dari sumber daya yang dapat diperbaharui c. Suatu peningkatan keadaan bahwa proses bioteknologi dalam banyak hal akan lebih ekonomis dibandingkan proses kimia dari bahan sayuran yang ada sekarang 
4. Jelaskan pengertian rekayasa genetika! Jawab: Rekayasa genetika merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan makhluk hidup baru atau segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk keperluan hidupnya. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan gen atau DNA dgan berbagai metode yang dilakukan bergantung pada gen mana yang akan dipindahkan dan jenis organism mana yang akan menerima informasi genetik itu.
 5. Mengapa DNA dianggap sebagai pengaruh kehidupan? Jawab: Karena DNA merupakan tempat ditemukannya berbagai polinukleotida yang merupakan bahan yang berfungsi mewariskan sifat-sifat genetic dari induk ke generasinya. Sehingga sifat yang ada pada induk akan ditemukan pula pada generasi berikutnya. Sehingga DNA memiliki peranan yang sangat besar terhadap kehidupan yang akan datang. Karena hal tersebut kita dapat menetukan sifat yang akan dimuculkan terhadap suatu makhluk hidup yang kita rekayasa. 
6. Jelaskan tahapan-tahapan pengklonan DNA! Jawab: hal-hal pokok yang dapat mempengaruhi keberhasilan perkembangan bioteknologi!
a. Penyisipan fragmen DNA yang akan diklon ke molekul DNA sirkular yang disebut sebagai vektor untuk mendapatkan suatu DNA rekombinan. b. Vektor bertindak sebagai wahana yang membawa gen masuk ke sel inang yang biasanya berupa bakteri walaupun sel-sel jenis lain dapat digunakan. c. Di dalam sel inang vector mengadakan replikasi menghasilkan banyak turunan yang identik, baik vector maupun gen yang dibawanya. d. Saat sel inang membelah maka hasil penggandaan DNA rekombinan diwariskan keg en dan menjadi replikasi sel selanjutnya. e. Setelah terjadi sebagian besar pembelahan sel maka akan dihasilkan koloni atau sel inang yang identik. Tiap-tiap sel mengandung satu gandaan atau lebih DNA rekombinan, dengan demikian dikatakan bahwa gen yang dibawa oleh molekul rekombinan telah diklon. 7. Sebutkan beberapa aplikasi bioteknologi dalam bidang kedoktaran dan farmasi! Jawab: Pada bidang kedokteran Saintis kedokteran dapat mendiagnosis ratusan kelainan penyakit genetic manusia dengan menggunakan teknologi DNA. Mereka dapat mengidentifikasi semakin banyak individu yang mempunyai penyakit genetic selama muncul gejala atau bahkan sebelum lahir. Selain itu, dengan bioteknologi kita juga dapat membentuk vaksin untuk memusnahkan atau melawan penyakit yang dibentuk dari suatu campuran antibody, dan terlalu rumit untuk disintesis secara kimia. Pada bidang farmasi Dengan bioteknologi kita dapat membenuk banyak produk farmasi yang bermanfaat berupa protein dengan mentransfer gen untuk produk protein yang dikehendaki ke dalam bakteri, produksi hormon insulin dan activator plasminogen jaringan yang membantu melarutkan darah yang membeku da menurunkan resiko serangan jantung. 


LEMBAR KERJA IX
                                         Nama     : Syarif
                                         NIM       : 109204028
                                         Prodi      : Pendidikan Akuntansi
                                         Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar

1. Jelaskan pengertian pencemaran udara! Jawab: Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti yang dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global. 
2. Uraikan dengan singkat 5 (lima) macam komponen pencemar udara! Jawab: a. Pencemaran udara primer Pencemaran udara primer merupakan pencemaran di udara yanga ada dalam bentuk yang hampir tidak berubah, sama halnya pada saat dibebaskan dari sumbernya sabagai hasil dari proses tertentu yang digolongkan menjadi 5 kelompok yaitu: Karbondioksida (CO2) Gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mempunyai rasa. Gas ini berasal dari proses pembakaran tidak sempurna terhadap karbon atau komponen yang mengandung karbon. Nitrogen Oksida (NOx) NO adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau sedangkan NO2 merupakan gas berwarna coklat kemerahan dan berbau menyegat. Gas : NOx di udara terutama berasal dari buangan hasil pembakaran yang keluar dari generator pembangkit listrik stasioner atau mesin-mesin yang menggunakan gas alam. Hidrokarbon Hidro karbon terdiri dari komponen H dan C yang dapat menyebabkan kanker. Sulfur Oksida (SO2) SO2 mempunyai karakteristik bau yang tajam dan tidak terbakar di udara. Apabila bereaksi dengan uap air akan membentuk asam sulfat yang akan merusak permukaan logam. Partikel Dapat bersama-sama dengan bahan atau pencemar lainnya. b. Pencemaran udara skunder Pencemaran udara skunder yaitusemua unsur pencemaran udara yang seudah berubah kareana reaksi tertentu antara dua atau lebih polutan. Umumnya polutan sekunder tersebut merupakan hasil antara polutan primer dengan polutan yang ada di udara.
 1. Jelaskan pengertian NAB dan KTD! Jawab: NAB (Nilai Ambang Batas) adalah batas aman suatu polutan agar kualitas udara masih tetap terlindungi sedangkan KTD (Kadar Tertinggi Diperkenankan) merupakan suatu keadaan yang diamana suatu kadar polutan di udara masih dapat diterima yang pada dasarnya untuk melindungi para pekerja yang sehari-hari berada dalam lingkunagan dimana bahan-bahan pencemar secara teru-menerus ada. 
2. Uraikan dengan singkat 4 (empat) cara penanggulangan pencemar udara! Jawab: Pendekatan Teknologi Teknologi hemat digunakan untuk menyelamatkan penggunaan bahanbahan maupun penghematan sumber energi. Senantiasa terdapat alternatif terhadap penggunaan bahan-bahan lain yang lebih mudah didapatkan karena sumbernya masih melimpah.
Pendekatan Planologi Ditujukan pada penataan lingkungan fisik agar secara timbale balik dapat dihindarkan akibat-akibat merugikan yang yang diperkirakan akan menimpa lingkungan. Pendekatan Administratif Pendekatan yang mengikat semua pihak agar mengikuti ketentuan yang berlaku karena adanya suatu ketentuan hokum terhadap masyarakat serta dibinanya ketentuan administrasi oleh petugas ataupun aparat palaksana pemerintah dengan cara saksama. Pendekatan Edukatif Pendekatan pembunaan dan penerangan secara terus-menerus kepada masyarakat baik dalam rangka motivasi maupun membangkitkan kesadaran ikut memelihara kelestarian lingkungan hidup.
 3. Ditinjau dari aspek kimia-fisika, ada beberapa parameter yang dapat digunakan untuk  Nilai pH, keasaman danÄmenentukan pencemar air. Jelaskan! Jawab:  alkalinitas Adanya besi sulfur dalam jumlah tinggi dalam air dapat meningkatkan keasaman karena besi sulfat dengan udara dan air akan membentuk H2SO4 dan besi (Fe) yang larut. Perubahan keasaman pada air limbah baik ke arah alkali (pH naik) maupun ke arah asam (pH turun) akan sangat mengganggu kehidupan ikan dan hewan lainnya. Selain itu, air limbah yang mempunyai pH rendah bersifat sangat korosif terhadap baja  Suhu Naiknya suhu airÄdan sering mengakibatkan besi menjadi berkarat.  akan mengakibatkan menurunnya jumlah oksigen terlarut dalam air, meningkatkan kecepatan reaksi kimia, mengganggu kehidupan ikan dan hewan  OksigenÄair lainnya,yang bila batas suhu terlampaui dapat mematikan.  Terlarut Kehidupan dalam air dapat bertahan bila terdapat oksigen terlarut minimal sebanyak 5 ppm. Selebihnya bergantung pada ketahanan organisme, derajat
keaktifannya, kehadiran bahan pencemar, dan suhu air.Oksigen terlarut dapat berasal dari fotosintesis tanaman air  Karbondioksida dalam airÄdan dari atmosfer yang masuk dalam air.  Kepekatan oksigen terlarut dalam air bergantung pada kepekatan karbondioksida yang ada. Bila udara bersentuhan dengan permukaan air, maka karbondioksida dari udara bertukar dengan yang ada di air. Pada air yang tenang terjadi sedikit pertukara, bil;a air bergelombang maka  Warna dan kekeruhan Warna danÄpertukaran akan menjadi lebih cepat.  kekeruhan air mencerminkan apakah air tersebut tercemar atau tidak.Warna air yang tidak normal biasanya merupakan indikasi terjadinya pencemaran air. Kekeruhan menunjukkan sifat optis air yang mengakibatkan pembiasan cahaya dalam air.Selain itu, adanya berbagai sampah dalam air juga  Padatan Padatan dalam air akanÄmenandakan bahwa air tersebut tercemar.  mengendap pada dasar air, yang lambat laun akan menimbulkan pendangkalan. Akibat lain dari padatan adalah tumbuhnya tanaman air tertentu dan menjadi racun bagi makhluk hidup lain. Banyaknya padatan menunjukkan banyaknya Lumpur yang terkandung dalam air. Pada dasarnya  Nitrat Nitrogen sebagaiÄair yang tercemar selalu m,engandung padatan.  sumber nitrat banyak terdapat di udara. Hanya sedikit sekali organisme yang dapat langsung memanfaatkan nitrogen udara.Pengubaha dari nitrogen bebas di udara menjadi nitrat dapat dilakukan secara biologis maupun  Fosfor Protein dan zat organic lainnya mengandung fosfor.Äkimia.  Herbiivora yang makan tumbuhan akan mendapatkan fosfor. Bila tumbuhan dan hewan tersebut mati, maka bakteri pengurai akan mengembalikan fosfor itu ke dalam air sebagai zat organic terlarut. 
4. Jelaskan pengertian COD dan BOD!
Jawab: COD singkatan dari Chemical Oxygen Demand, atau kebutuhan oksigen kimia untuk reaksi oksidasi terhadap bahan buangan di dalam air yang merupakan suatu pengujian yang menentukan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh bahan oksidan untuk mengoksidasi bahan organic yang terdapat dalam air. BOD singkatan dari Biological Oxygen Demand, atau kebutuhan oksigen biologis untuk memecah bahan buangan di dalam air oleh mikroorganisme yang merupakan pengukuran yang menunjukkan jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan organisme hidup untuk menguraikan atau mengoksidasi bahanbahan buangan di dalam air.
5. Jelaskan cara-cara penanganan sampah untuk mencegah pencemaran tanah! Jawab:
-Penimbunan (dumping) yakni dengan maksud untuk menutupi rawa, jurang, lekukan tanah di tempat terbuka dan di laut (reklamasi). 
- Lanfill (pengisian tanah) yakni dengan mengisi tanah berlegok dengan sampah kemudian ditimbun/ditutup dengan tanah.
- Pencacahan (grinding) yakni limbah organic dimasukkan dalam alat penggiling sehingga menjadi kecil-kecil lalu dialirkan ke tempat pengolahan lebih lanjut. 
Pengkomposan (composting) yakni pengolahan limbah untuk memperoleh kompos untuk menyuburkan tanah. Mikroorganisme membantu menguraikan limbah organic menjadi anorganik pada suhu dan kelembaban udara yang sesuai dengan kehidupanmikroorganisme tersebut.
- Pembakaran (incineration) yakni dengan hasil gas dan residu. 
Pirolisis yakni mengolah limbah dengan proses dekomposisi senyawa kimia pada suhu tinggi dengan pembakaran tidak sempurna atau suatu proses penguraian kimia deoksigenasi, denitrogenasi, misalnya menjadi cairan, gas dan padatan dari limbah yang berasal dari selulosa. 
6. Jelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampak limbah berbahaya! Jawab:
 Mengurangi penggunaan zat-zat kimia terhadap kegaiatn produksi yang  Memisahkan sampahûberpotensi menghasilkan limbah yang berbahaya   Sebisa mungkin mengganti bahan baku organik dan sampah anorganik.   Menciptakanûproduksi yang berupa zat kimia menjadi zat-zat yang alami.  kesadaran akan pentingnya kesehatan dengan belajar hidup sehat  Membuat suatu peraturan yang isinya menekankan pada pengolahan limbah  Mengupayakan suatu metode atau cara untukûagar tidak terlalu berbahaya  mengolah limbah
 7. Isu global yang berkaitan dengan masalah lingkungan  adalah pemanasan global, lubang ozon dan hujan asam. Jelaskan! Jawab:  Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi akibat adanya gas-gas rumah kaca yaitu uap air, karbondioksida, metana, nitrat oksida,dan kloroflurokarbon di atmosfer. Pada saat ini bumi menghadapi pemanasan yang cepat. Menurut para ahli meteorologi, selama seratus tahun terakhir, rata-rata temperatur ini telah meningkat dari 15oC menjadi 15.6oC. Hasil pengukuran yang lebih akurat oleh stasiun meteorologi dan juga data pengukuran satelit sejak tahun 1957, menunjukkan bahwa sepuluh tahun terhangat terjadi setelah tahun 1980, tiga tahun terpanas terjadi setelah tahun 1990. Secara kuantitatif nilai perubahan temperatur rata-rata bumi ini kecil tetapi dampaknya sangat luar biasa terhadap  Lubang ozon merupakan celah yang timbul akibat adanya@lingkungan.  penurunan konsentasi ozon yang terjadi pada lapisan stratosfer. Dan penyebab utamanya adalah sekelompok zat kimia yang disebut CFC sebagai  Hujan asam@zat buatan manusia yang biasa digunakan untuk aerosol.  didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar