ILMU ALAMIAH DASAR
LEMBAR KERJA I
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Setelah mempelajari materi pada pokok bahasan 3, maka jawablah
pertanyaan berikut ini pada temat yang disediakan.
1. Manusia dibandingkan dengan makhluk
lainnya mempunyai beberapa kelebihan. Jelaskan!
Jawab:
Manusia mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya
yaitu manusia mempunyai nalari dimana kemampuan tersebut digunakan untuk
melakukan penalaran, pemikiran logis, dan analisis. Hal tersebut digunakan
untuk menentukan mana yang baik dan yang tidak. Selain itu manusia juga
mempunyai nurani yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnaya.
Manusia juga dapat bekomunikasi baik secara lisan maupun tulisan sehingga dapat
mengkomunikasian apa yang diinginkan kepada khalayak, Hal inilah yang membuat
manusia diangaap lebih dibanding dengan makhluk hidup lainnya.
2. Jelaskan perkembangan rasa ingin
tahu manusia sampai terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)!
Jawab:
Manusia diciptakan dengan memiliki naluri, nalari dan nurani. Dengan kemampuan
nalari, menusia mampu melakukan penalaran, pemikiran logis dan analisis. Hal
tersebut memicu rasa ingin tahu manusia tentang segala yang ada di alam baik
yang bersifat makroskopik maupun yang bersifat mikroskopik. Dorongan rasa ingin
tahu dan usaha untuk memahami serta pemecahan masalah yang dihadapi tersebut
selanjutnya menjadi dasar dari terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
3. Apakah yang menjadi dasar
kepercayaan mitos?
Jawab:
Adanya pola pikir masyarakat yang belum maju karena keterbatasanan alat indera
manusia yang hanya mengandalkan pengamatan, pengalaman, dugaan, imajinasi
maupun kepercayaan yang sekedar hanya ingin memuaskan rasa ingin tahu mereka.
4. Jelaskan pengertian metode deduksi
dan metode induksi!
Jawab:
Metode deduksi ialah suatu metode penarikan kesimpulan yang didasarkan pada
sesuatu yang bersifat umum (premis mayor) menuju pada yang khusus (premis
minor) yang berdasar pada logika. Metode induksi ialah dasar dari perkembangan
metode ilmiah sekarang dimana pengambilan kesimpulan dilakukan berdasarkan data
pengamatan atau eksperimentasi yang diperoleh.
5. Metode keilmuan yang merupakan
gabungan rasionalisme dan empirisme lebih dapat diandalkan. Jelaskan!
Jawab:
Karena dengan menggunakan metode tersebut pertanyaaan-pertanyaan yang ada dapat
dijawab secara logika dan masuk akal dan dengan dukungan dari fakta-fakta yang
ada, sehingga hasilnya tidak menimbulkan keraguan.
6. Jelaskan cara-cara yang dilakukan
manusia untuk memperoleh pengetahuan melalui pendekatan “Pseudo Science” (Sains
Semu)!
Jawab: Manusia melakukan pengamatan tentang
fenomena alam yang terjadi hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka yang
umumnya tidak logis meskipun sering diterima sebagai kebenaran.
7. Jelaskan dengan singkat sejarah
pengetahuan yang diperoleh manusia!
Jawab:
Pada zaman purba manusia telah mengetahui cara bercocok tanam dan beternak yang
diperoleh dari pengalaman dan kemampuannya mengamati alam sekitar. Pada zaman
Yunani kemampuan berfikir manusia sudah lebih maju yang ditandai dengan
penemuan alat bantu yang lebih baik dan mulai menggunakan akal sehat. Zaman
Pertengahan merupakan zaman keemasan bagi Islam. Zaman ini banyak dikebangkan
metode eksperimen yang memungkinkan perluasan bidang kedokteran, farmasi,
astronomi, kimia, dan biologi. Banyak pula penemuan buku-buku tentang
kedokteran yang dipakai sebagi acuan pada dunia Islam dan Eropa. Pada zaman
modern banyak penemuan yang merubah pola pikir sebelumnya terutama dengan
penemuan empiris yang didukung oleh alat bantu yang lebih baik.
Penemuan-penemuan tersebut membuka cara berfikir lebih yang maju, terbuka dan
berani meyatakan kebenaran meskipun harus bertentangan dengan pendapat atau
kepercayaan yang ada.
LEMBAR KERJA II
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Suatu ilmu pengetahuan dikatakan
ilmiah jika memenuhi persyaratan sebagai berikut! Jawab: a. Logis atau masuk
akal artinya sesuai dengan kaidah-kaidah pengetahuan yang telah diakui
kebenarannya b. Objektif artinya pengetahuan yang didapat harus sesuai dengan
objeknya dan didukung oleh fakta empiris. c. Metodik artinya pengetahuan itu
diperoleh dengan menggunakan aturan atau cara-cara tertentu yang teratur,
dirancang dan terkontrol. d. Sistematis artinya pengetahuan itu disususn dalam
satu system yang satu dengan yang lainnya dan saling menunjang sehingga tetap
merupakan satu kesatuan yang utuh. e. Universal artinya pengetahuan itu tiadak
hanya berlaku atau dapat diamati oleh seseorang atau beberapa orang saja,
tetapi semua ornaag berkesemapatan untuk melakukannya melalui cara eksperimen
untuk memperoleh hasil yang sama. f. Kumulatif artinya khasana ilmu pengetahuan
selalu bertambah dengan hadirnya ilmu pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan yang
terbukti salah harus diganti dengan ilmu pengetahuan yang benar (tentatif).
2. Timbulnya pengetahuan nonilmiah pada
umumnya tidak dapat dibuktikan namun diterma oleh masyarakat pada saat itu. Hal
ini disebabkan oleh faktor…
Jawab:
Pengetahauan nonilmiah diterima masyarakat karena mereka belum memiliki
wawasana yang luas tentang alam semesta. Banyaknya mitos, prasangka dan
sebagainya menyebabkan masarakat terpengaruh akan hal tersebut sebagai rasa
lega bahwa pertanyaan yang muncul telah terjawab.
3. Kapan suatu pengetahuan dikatakan
ilmiah?Sebutkan!
Jawab: Suatu
pengetahuan dikatakan ilmiah jika hal tersebut telah memenuhi syaratsyarat
suatu ilmu pengetahuan. Diantaranya logis, objektif, metodik, sistematis,
universal dan kumulatif. Serta mengikuti langkah-langkah operasional metode
ilmiah yakni perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis dan
penarikan kesimpulan.
4. Mengapa langkah-langkah dalam metode
ilmiah harus dilakukan secara berurutan?Jawab dengan singkat!
Jawab:
Karena jika tidak dilakukan secara berurut maka akan mengakibatkan kerancuan
dalam pembuatan suatu karya ilmiah dan hal tersebut juga akan mempengaruhi
hasil dari penelitian yang kita lakukan.
5. Dengan metode ilmiah yang merupakan
ciri khas pengetahuan ilmiah kana menuntun pembentukan seorang ilmuwan
mempunyai sikap ilmiah. Sebutkan minimal 6 sikap ilmiah tersebut!
Jawab: a.
Jujur Ilmuwan wajib melaporkan hasil pengamatannya secara objektif dan jujur
sehingga hasil penelitiannya tersebut jika diuji oleh peneliti yang lain akan
memberikan hasil yang sama. b. Terbuka Seorang ilmuwan harus mempunyai pengetahuan
yang luas, terbuka terhadap pendapat orang lain, jauh dari praduga dan
menghargai gagasan baru orang lain meskipun untuk menerimanya harus melakukan
pengujian terlebuh dahulu. c. Toleran Seorang ilmuwan tidak akan merasa dirinya
paling hebat, bersedia belajar dari orang lain atau membandingkan pendapatnya
dengan orang lain serta tidak pernah memaksakan pendapatnya kepada orang lain.
d. Skeptis Dalam mencarai kebenaran seorang ilmuwan akan bersikap hati-hati,
meragukan sesuatu dan skeptis, tetapi kritis sehingga akan menyelidiki dahulu
bukti-bukti yang mendasari suatu kesimpulan. e. Optimis Seorang ilmuwan tidak
akan mengatakan sesuatu tidak dapat dikerjakan sebelum memikirkan dan mencoba
mengerjakannya terlebih dahulu. f. Pemberani Sifat ilmuwan yang selalu mencari
kebenaran maka akan berani melawan ketidak benaran, kepura-puraan yang akan
menghambat kemajuan meskipun harus merugikan dirinya sendiri. g. Kreatif dan
Inovatif Selalu ingin mendapatkan, menciptakan, memvariasikan sesuatu yang baru
terutama guna mendapatkan nilai tambah.
6. Jelaskan pengertian IPA klasik dan
IPA modern!
Jawab: a.
IPA klasik adalah ilmu pengetahuan yang telaahnya mengikuti kaida ilmu
tradisional berdasarkan pengalaman, kebiasaan dan bersifat makroskopik. b. IPA
modern adalah ilmu pengetahuan yang muncul berdasarkan penelitian maupun
pengujian dan telah diadakan pembaharuan yang dikaitkan dengan berbagai
disiplin ilmu yang ada.
7. Berilah bukti bahwa ilmu pengetahuan
akhir-akhir ini berkembang dengan pesatnya! Jawab: Akhir-akhir ini ilmu
pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai contoh adalah
bioteknologi dimana wanita yang divonis tidak dapat hamil sekarang telah dapat
hamil dengan menjalani program bayi tabung. Namun perkembangan tersebut harus
diperhitungkan terhadap kehidupan sosial masyarakat.
LEMBAR KERJA III
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Apa yang dimaksud dengan bumi
sebagai suatu sistem?Jelaskan! Jawab: Bumi sebagai suatu sistem maksudnya bumi
memiliki bagian-bagian yang menyusunnya, bagian-bagian tersebut saling
berhubungan dan bekerja sama dalam menjalankan fungsinya. Karena hal terebut
sehingga bumi menjadi satu-satunya planet yang ada di tata surya kita yang
dapat dihuni makhluk hidup.
2. Jelaskan tentang ketiga jenis batuan
pembentuk kerak bumi! Jawab: a. Batuan beku (batuan magma) Terjadi dari magma
cair dan panas membeku di dalam atau di luar bumi akibat temperaturnya turun.
b. Batuan sedimen (endapan) Batuan yang terbentuk dari kikisan air, angin es
terhadap batuan yang kemudian mengendap dan membatu dan adapula yang tetap
gembur. c. Batuan metamorf (batuan malihan) Batuan sedimen atau batuan beku
yang telah mengalami perubahan sifat, karena suhu yang tinggi atau tekanan yang
berat.
3. Jelaskan tentang keempat lapisan
utama atmosfer? Jawab: a. Troposfer Lapisan yang paling dekat dengan matahari.
Lapisan setebal 10 mil (± 16 km) terletak pada daerah khatulistiwa, kemudian
menipis hingga hanya 5 mil (± 8 km) pada kutub-kutub bumi. b. Stratosfer Lapisan
ini mulai dari 18 km sampai 60 km diatas bumi. Lapisan ini banyak mengandung
ozon (O3) yang mudah menyerap radiasi ultraviolet dari matahari. c. Mesosfer
Pada lapisan ini ditandai dengan adanya penurunan suhu rata-rata 0,40C setiap
naik 100 m. Suhu pada bagian teratas dari lapisan ini mencapai -1400C. Lapisan
ini terletak antara ketinggian 60 km sampai 85 km d. Ionosfer Lapisan yang
terletak di atas 50 mil dari mesosfer, dengan tekanan udara sangat rendah,
sehingga semua partikel terurai menjadi ion-ionnya. 1. Tuliskan dan jelaskan
jenis-jenis gas yang terdapat dalam atmosfer! Jawab:
a. Nitrogen 78% b. Oksigen 21% c. Argon 0,9% d. Karbondioksida 0,03% e. Krypton, neon, xenon, hydrogen, helium, dan ozon 0,07% 1. Tuliskan minimal 3 cara menentukan umur bumi, dan kesimpulan apa yang dapat diambil dari teori tersebut! Jawab: a. Teori Sedimen Pengukuran usia bumi didasarkan pada perhitungan tebalnya lapisan sedimen yang membentuk batuan. Dengan mengetahui ketebalan lapisan sedimen rata-rata yang terbentuk tiap tahunnya dan membandingkan dengan tebal batuan yang terdapat di bumi sekarang ini, maka dapat diperhitungkan umur lapisan tertua kerak bumi. Kesimpulannya bahwa b. Teori Kadar Garam Pengukuran berdasarkan perhitungan kadar garam di laut. Diduga bahwa mula-mula laut itu berair tawar. Akibat sirkulasi air dalam alam ini, maka air yang mengalir dari darat melalui sungai ke laut, membawa garam-garam. Dengan mengetahui kenaikan kadar garam tiap tahun maka kita dapat menentukan usia bumi. c. Teori Termal Teori ini mengukur usia bumi berdasarkan perhitungan suhu bumi. Diduga, mula-mula bumi merupakan batuan yang sangat panas, yang lama kelamaan mendingin. Dengan mengethui massa dan suhu bumi saat ini, maka ahli fisika Bangsa Inggris, Elfin memperkirakan perubahan bumi dari batuan yang sangat panas menjadi batuan yang dingin seperti ini memerlukan waktu 20.000 juta tahun. Kesimpulannya bahwa setiap tahunnya bumi mengalami perubahan yang signifikan akibat dari alam maupundari manusia.
a. Nitrogen 78% b. Oksigen 21% c. Argon 0,9% d. Karbondioksida 0,03% e. Krypton, neon, xenon, hydrogen, helium, dan ozon 0,07% 1. Tuliskan minimal 3 cara menentukan umur bumi, dan kesimpulan apa yang dapat diambil dari teori tersebut! Jawab: a. Teori Sedimen Pengukuran usia bumi didasarkan pada perhitungan tebalnya lapisan sedimen yang membentuk batuan. Dengan mengetahui ketebalan lapisan sedimen rata-rata yang terbentuk tiap tahunnya dan membandingkan dengan tebal batuan yang terdapat di bumi sekarang ini, maka dapat diperhitungkan umur lapisan tertua kerak bumi. Kesimpulannya bahwa b. Teori Kadar Garam Pengukuran berdasarkan perhitungan kadar garam di laut. Diduga bahwa mula-mula laut itu berair tawar. Akibat sirkulasi air dalam alam ini, maka air yang mengalir dari darat melalui sungai ke laut, membawa garam-garam. Dengan mengetahui kenaikan kadar garam tiap tahun maka kita dapat menentukan usia bumi. c. Teori Termal Teori ini mengukur usia bumi berdasarkan perhitungan suhu bumi. Diduga, mula-mula bumi merupakan batuan yang sangat panas, yang lama kelamaan mendingin. Dengan mengethui massa dan suhu bumi saat ini, maka ahli fisika Bangsa Inggris, Elfin memperkirakan perubahan bumi dari batuan yang sangat panas menjadi batuan yang dingin seperti ini memerlukan waktu 20.000 juta tahun. Kesimpulannya bahwa setiap tahunnya bumi mengalami perubahan yang signifikan akibat dari alam maupundari manusia.
LEMBAR KERJA V
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Beri contoh dalam kehidupan sehari-hari untuk
menggambarkan pengertian mengenai populasi! Jawab: Populasi merupakan kumpulan
dua atau lebih individu sejenis yang hidup dalam suatu tempat tertentu. Dalam
contoh yang dapat kita lihat sehari-hari yaitu keluarga. Dimana dalam satu
keluarga ada bapak, ibu, dan anak. Ini merupakan salah satu contoh populasi
yang sederhana. Keluarga merupakan kumpulan beberapa individu sejenis yang
bermukim di suatu tempat secara bersama-sama.
2. Jelaskan pengaruh yang
ditimbulkan bila suatu wilayah kurang rendah tingkat populasi tumbuhan! Jawab:
Jika populasi tumbuhan rendah maka hal tesebut akan mempengaruhi individu atau
populasi hewan dan manusia sebagai konsumen dari tumbuhan. Sebagai mana kita
ketahui bahwa tumbuhan sangat berperan dalam penyediaan makanan bagi hewan dan
manusia dimana tumbuhan berperan sebagai produsen yang menghasilkan makanan sendiri
sedangkan hewan dan manusia tidak dapat melakukan hal tersebut.
3. Mengapa
komponen abiotik sangat penting dalam suatu ekosistem! Jawab: Karena komponen
ini merupakan komponen penunjang dalam suatu ekosistem. Tanpa komponen ini
suatu ekosistem tidak akan terbentuk, sebagaimana dalam pengertian ekosistem
yaitu hubungan timbak balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Komponen
abiotik sangat dibutuhkan demi kelangsungan makhluk hidup yang ada di bumi.
Komponen biaotik itu sendiri terdiri dari tanah, air, udara, cahaya yang
kesemuanya itu sangatdibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai penghuni suatu
ekosistem.
4. Jelaskan perbedaan antara ekosistem padang rumput dan ekosistem
padang pasir! Jawab: Ekosistem padang rumput merupakan kesatuan komunitas padang
rumput (populasi harimau berinteraksi dengan populasi gajah yang ada di daerah
padang rumput) yang melakukan suatu hubungan timbal balik
antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang bersama-sama membentuk suatu
sistem dengan berbagai stuktur kehidupan yang ada di dalamnya. Ekosistem padang
pasir merupakan kesatuan komunitas yang ada di padang pasir (populasi kaktus
yang berinteraksi dengan populasi ular padang pasir) yang melakukan hubungan
timbal balik yang kompleks dengan lingkungannya yang bersama-sama membentuk
suatu sistem.
LEMBAR KERJA VI
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Jelaskan mekanisme aliran energi dalam suatu ekosistem!
Mengapa aliran energi tidak dinyatakan sebagai siklus energi? Jawab: Diawali
oleh proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau yang mengubah
energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk bahan makanan.
Apabila tumbuhan trsebut dimakan oleh herbivora (konsumen tingkat I), maka
energi yang terdapat dalam tumbuhan tersebut akan berpidah ke tubuh herbivora
yang tadi. Selanjutnya ketika herbivora tersebut dimakan oleh karnivora
(komsumen II) secara otomatis energi yang ada dalam herbivora tersebut akan
berpidah ke karnivora. Demikianlah seterusnya aliran energi yang terjadi.
Aliran energi tidak dinyatakan dalam siklus energi karena sebagai mana kita ketahui
bahwa siklus terjadi perputaran secara terus menerus dari awal kembali ke awal
lagi. Sedang kita ketahui bersama bahwa dalam aliran energi setelah mencapai
pengurai maka aliran energi tersebut akan terhenti.
2. Buat suatu skema
urutan-urutan yang menggambarkan suatu rantai makanan beserta nama-nama makhluk
hidup yang menyusun rantai makanan tersebut! Jawab: Padi → Tikus → Ular →
Burung Elang → Pengurai (ketika burung elang mati maka akan diuraikan oleh
organism pengurai)
3. Apa yang dimaksud dengan kompetisi? sebutkan salah satu
contohnya! Jawab: Kompetisi merupakan suatu bentuk tindakan yang dilakukan oleh
makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya yang dilakukan baik berupa
perkelahian maupun adu kecepatan dengan berusaha untuk menjadi yang
terbaik. Contoh, misalnya berbagai jenis rumput yang hidup
di suatu temapat akan melakukan kompetisi untuk memperebutkan air dan mineral
demi kelangsungan hidupnya.
4. Mengapa plasmodium dianggap sebagai jenis
simbiosis paratisisme? Jawab: Karena plasmodium merupakan salah satu dari daur
hidup nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit malaria yang sebagai mana kita
ketahui bahwa malaria merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi
menusia.
5. Jelaskan mekanisme simbiosis mikoriza dengan tumbuhan inangnya!
Jawab: Mikoriza merupakan sebuah bentuk simbiosis antara jamur dengan akar
tanaman. Hubungan antara jamur dan akar pohon tersebut bersifat saling
menguntungkan (mutualisme), yaitu jamur membantu penyerapan unsur hara
(terutama fosfor) dan air dari dalam tanah, sebaliknya pohon inang menyediakan
sumber karbon hasil fotosintesa untuk jamur.
LEMBAR KERJA VIII
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Jelaskan latar belakang sejarah perkembangan bioteknologi!
Jawab: Lebih dari tujuh dasawarsa yang lagu, seorang ilmuan yang paling tanggap
pada waktu itu J.B.S. Haldane (1929), meragukan logika yang ada di belakang apa
yang kita kenal bioteknologi. “Mengapa harus bersusah payah membuat senyawa
apabila mikroba dapat mengerjakannya bagi manusia ?”
Bila tak menemukan mikroba tersebut ciptakanlah makhluk
tersebut! EB Wilson menuliskan bahwa kunci untuk memecahkan suatu ,masalah
biologi akhirnya harus dicari di dalam sel. Bertentangan dengan popularitasnya,
bioteknologi bukan suatu hal yang sangat baru, tapi sudah ada sejak dulu. Dari
gagasan tersebut sampai sekarang istilah bioteknologi sudah sangat popular. Penerapan
bioteknologi yang berhasil hanya akan mungkin tercapai bila dilakukan
pengintegrasan berbagai disiplin ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Dengan
kata lain bioteknologi merupakan aplikasi mikroba atau bagian tubuh organisme
dalam teknologi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat atau untuk
meningkatkan nilai tambah suatu produk. 2. Sebutkan beberapa produk
bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern! Jawab: a. bioteknologi
konvensional 1. Yoghurt Untuk membuat yoghurt, susu dipasteurisasi terlebih
dahulu, selanjutnya sebagian besar lemak dibuang. Mikroorganisme yang berperan
dalam pembuatan yoghurt, yaitu Lactobacillus bulgaricusdan Streptococcus
thermophillus. 2. Keju Dalam pembuatan keju digunakan bakteri asam laktat,
yaitu Lactobacillus 3. Mentega Pembuatan mentega menggunakan mikroorganisme
Streptococcus lactis dan Lectonostoceremoris. Bakteri-bakteri tersebut
membentuk proses pengasaman. Selanjutnya, susu diberi cita rasa tertentu dan
lemak mentega dipisahkan. Kemudian lemak mentega diaduk untuk menghasilkan
mentega yang siap dimakan. a. bioteknologi modern 1. Rekayasa genetika dan
Streptococcus. Bakteri tersebut berfungsi memfermentasikan laktosa dalam susu
menjadi asam laktat.
Rekayasa genetika merupakan suatu cara memanipulasikan gen
untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan sifat yang diinginkan. Rekayasa
genetika disebut juga pencangkokan gen atau rekombinasi DNA. Dalam rekayasa
genetika digunakan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. Hal itu karena
DNA dari setiap makhluk hidup mempunyai struktur yang sama, sehingga dapat
direkomendasikan. Selanjutnya DNA tersebut akan mengatur sifat-sifat makhluk
hidup secara turun-temurun. 2. Pembuatan vaksin Vaksin digunakan untuk mencegah
serangan penyakit terhadap tubuh yang berasal dari mikroorganisme. Vaksin
didapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil
dari mikroorganisme tersebut. 3. Pembuatan antibiotika Antibiotika adalah suatu
zat yang dihasilkan oleh organism tertentu dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan
organism lain yang ada di sekitarnya. Antibiotika dapat diperoleh dari jamur
atau bakteri yang diproses dengan cara tertentu.
1. Apa perbedaan bioteknologi
konvensional dan modern? Jawab: Bioteknologi konvensional merupakan
bioteknologi yang menggunakan mikrobia, proses biokimia, dan proses genetika
alami seperti mutasi serta sederhana atau belum memanfaatkan kajian berbagai
ilmu pengetahuan alam. Sedangkan biotenologi modern merupakan bioteknologi yang
telah menggunakan alat-alat yang canggih serta modern sudah memanfaatkan kajian
ilmu pengetahuan alam seperti gen atau DNA.
2. Sebutkan beberapa ruang lingkup
bioteknologi! Jawab: Ruang lingkup bioteknologi mencakup proses rekayasa
genetika dengan memanfaatkan DNA. Selain itu juga memanfaatkan mikrobiologi,
proses biokimia, teknologi enzim, rekayasa produk dan sebagainya serta proses
genetika alami seperti mutasi. Biotrknologi juga mencakup proses fermentasi
(mulai dari bir dan anggur hingga roti, keju, antibiotika
dan vaksin), pengelolaan air dan sampah hingga daur ulang logam dari batuan
mineral berkualitas rendah.
3. Sebutkan Jawab: a. Suatu perluasan dalam kisaran
produk berharga baik yang berasal dari system tradisional maupun rekayasa
genetika b. Kemampuan memperoleh bahan baku dari sumber daya yang dapat
diperbaharui c. Suatu peningkatan keadaan bahwa proses bioteknologi dalam
banyak hal akan lebih ekonomis dibandingkan proses kimia dari bahan sayuran
yang ada sekarang
4. Jelaskan pengertian rekayasa genetika! Jawab: Rekayasa
genetika merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan makhluk
hidup baru atau segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk keperluan
hidupnya. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan gen atau DNA dgan berbagai
metode yang dilakukan bergantung pada gen mana yang akan dipindahkan dan jenis
organism mana yang akan menerima informasi genetik itu.
5. Mengapa DNA dianggap
sebagai pengaruh kehidupan? Jawab: Karena DNA merupakan tempat ditemukannya
berbagai polinukleotida yang merupakan bahan yang berfungsi mewariskan
sifat-sifat genetic dari induk ke generasinya. Sehingga sifat yang ada pada
induk akan ditemukan pula pada generasi berikutnya. Sehingga DNA memiliki
peranan yang sangat besar terhadap kehidupan yang akan datang. Karena hal
tersebut kita dapat menetukan sifat yang akan dimuculkan terhadap suatu makhluk
hidup yang kita rekayasa.
6. Jelaskan tahapan-tahapan pengklonan DNA! Jawab:
hal-hal pokok yang dapat mempengaruhi keberhasilan perkembangan bioteknologi!
a. Penyisipan fragmen DNA yang akan diklon ke molekul DNA
sirkular yang disebut sebagai vektor untuk mendapatkan suatu DNA rekombinan. b.
Vektor bertindak sebagai wahana yang membawa gen masuk ke sel inang yang
biasanya berupa bakteri walaupun sel-sel jenis lain dapat digunakan. c. Di
dalam sel inang vector mengadakan replikasi menghasilkan banyak turunan yang
identik, baik vector maupun gen yang dibawanya. d. Saat sel inang membelah maka
hasil penggandaan DNA rekombinan diwariskan keg en dan menjadi replikasi sel
selanjutnya. e. Setelah terjadi sebagian besar pembelahan sel maka akan
dihasilkan koloni atau sel inang yang identik. Tiap-tiap sel mengandung satu
gandaan atau lebih DNA rekombinan, dengan demikian dikatakan bahwa gen yang
dibawa oleh molekul rekombinan telah diklon. 7. Sebutkan beberapa aplikasi
bioteknologi dalam bidang kedoktaran dan farmasi! Jawab: Pada bidang kedokteran
Saintis kedokteran dapat mendiagnosis ratusan kelainan penyakit genetic manusia
dengan menggunakan teknologi DNA. Mereka dapat mengidentifikasi semakin banyak
individu yang mempunyai penyakit genetic selama muncul gejala atau bahkan
sebelum lahir. Selain itu, dengan bioteknologi kita juga dapat membentuk vaksin
untuk memusnahkan atau melawan penyakit yang dibentuk dari suatu campuran
antibody, dan terlalu rumit untuk disintesis secara kimia. Pada bidang farmasi
Dengan bioteknologi kita dapat membenuk banyak produk farmasi yang bermanfaat
berupa protein dengan mentransfer gen untuk produk protein yang dikehendaki ke
dalam bakteri, produksi hormon insulin dan activator plasminogen jaringan yang
membantu melarutkan darah yang membeku da menurunkan resiko serangan jantung.
LEMBAR KERJA IX
Nama : Syarif
NIM : 109204028
Prodi : Pendidikan Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Universitas Negeri Makassar
1. Jelaskan pengertian pencemaran udara! Jawab: Pencemaran
udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di
atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan
tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti yang dapat
ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi
gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap
sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara
dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global.
2. Uraikan dengan
singkat 5 (lima) macam komponen pencemar udara! Jawab: a. Pencemaran udara
primer Pencemaran udara primer merupakan pencemaran di udara yanga ada dalam
bentuk yang hampir tidak berubah, sama halnya pada saat dibebaskan dari
sumbernya sabagai hasil dari proses tertentu yang digolongkan menjadi 5
kelompok yaitu: Karbondioksida (CO2) Gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan
tidak mempunyai rasa. Gas ini berasal dari proses pembakaran tidak sempurna
terhadap karbon atau komponen yang mengandung karbon. Nitrogen Oksida (NOx) NO
adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau sedangkan NO2 merupakan gas
berwarna coklat kemerahan dan berbau menyegat. Gas : NOx di udara terutama
berasal dari buangan hasil pembakaran yang keluar dari generator pembangkit
listrik stasioner atau mesin-mesin yang menggunakan gas alam. Hidrokarbon Hidro
karbon terdiri dari komponen H dan C yang dapat menyebabkan kanker. Sulfur
Oksida (SO2) SO2 mempunyai karakteristik bau yang tajam dan tidak terbakar di
udara. Apabila bereaksi dengan uap air akan membentuk asam sulfat yang akan
merusak permukaan logam. Partikel Dapat bersama-sama dengan bahan atau pencemar
lainnya. b. Pencemaran udara skunder Pencemaran udara skunder yaitusemua unsur
pencemaran udara yang seudah berubah kareana reaksi tertentu antara dua atau
lebih polutan. Umumnya polutan sekunder tersebut merupakan hasil antara polutan
primer dengan polutan yang ada di udara.
1. Jelaskan
pengertian NAB dan KTD! Jawab: NAB (Nilai Ambang Batas) adalah batas aman suatu
polutan agar kualitas udara masih tetap terlindungi sedangkan KTD (Kadar
Tertinggi Diperkenankan) merupakan suatu keadaan yang diamana suatu kadar
polutan di udara masih dapat diterima yang pada dasarnya untuk melindungi para
pekerja yang sehari-hari berada dalam lingkunagan dimana bahan-bahan pencemar
secara teru-menerus ada.
2. Uraikan dengan singkat 4 (empat) cara
penanggulangan pencemar udara! Jawab: Pendekatan Teknologi Teknologi hemat
digunakan untuk menyelamatkan penggunaan bahanbahan maupun penghematan sumber
energi. Senantiasa terdapat alternatif terhadap penggunaan bahan-bahan lain
yang lebih mudah didapatkan karena sumbernya masih melimpah.
Pendekatan Planologi Ditujukan pada penataan lingkungan
fisik agar secara timbale balik dapat dihindarkan akibat-akibat merugikan yang
yang diperkirakan akan menimpa lingkungan. Pendekatan Administratif Pendekatan
yang mengikat semua pihak agar mengikuti ketentuan yang berlaku karena adanya
suatu ketentuan hokum terhadap masyarakat serta dibinanya ketentuan
administrasi oleh petugas ataupun aparat palaksana pemerintah dengan cara
saksama. Pendekatan Edukatif Pendekatan pembunaan dan penerangan secara
terus-menerus kepada masyarakat baik dalam rangka motivasi maupun membangkitkan
kesadaran ikut memelihara kelestarian lingkungan hidup.
3. Ditinjau dari aspek
kimia-fisika, ada beberapa parameter yang dapat digunakan untuk Nilai pH, keasaman danÄmenentukan pencemar air. Jelaskan!
Jawab: alkalinitas Adanya besi sulfur
dalam jumlah tinggi dalam air dapat meningkatkan keasaman karena besi sulfat
dengan udara dan air akan membentuk H2SO4 dan besi (Fe) yang larut. Perubahan
keasaman pada air limbah baik ke arah alkali (pH naik) maupun ke arah asam (pH
turun) akan sangat mengganggu kehidupan ikan dan hewan lainnya. Selain itu, air
limbah yang mempunyai pH rendah bersifat sangat korosif terhadap baja Suhu Naiknya suhu airÄdan
sering mengakibatkan besi menjadi berkarat.
akan mengakibatkan menurunnya jumlah oksigen terlarut dalam air,
meningkatkan kecepatan reaksi kimia, mengganggu kehidupan ikan dan hewan OksigenÄair
lainnya,yang bila batas suhu terlampaui dapat mematikan. Terlarut Kehidupan dalam air dapat bertahan
bila terdapat oksigen terlarut minimal sebanyak 5 ppm. Selebihnya bergantung
pada ketahanan organisme, derajat
keaktifannya, kehadiran bahan pencemar, dan suhu air.Oksigen
terlarut dapat berasal dari fotosintesis tanaman air Karbondioksida dalam airÄdan dari atmosfer yang masuk dalam
air. Kepekatan oksigen terlarut dalam
air bergantung pada kepekatan karbondioksida yang ada. Bila udara bersentuhan
dengan permukaan air, maka karbondioksida dari udara bertukar dengan yang ada
di air. Pada air yang tenang terjadi sedikit pertukara, bil;a air bergelombang
maka Warna dan kekeruhan Warna danÄpertukaran akan menjadi lebih
cepat. kekeruhan air mencerminkan apakah
air tersebut tercemar atau tidak.Warna air yang tidak normal biasanya merupakan
indikasi terjadinya pencemaran air. Kekeruhan menunjukkan sifat optis air yang
mengakibatkan pembiasan cahaya dalam air.Selain itu, adanya berbagai sampah
dalam air juga Padatan Padatan dalam air
akanÄmenandakan bahwa air tersebut
tercemar. mengendap pada dasar air, yang
lambat laun akan menimbulkan pendangkalan. Akibat lain dari padatan adalah
tumbuhnya tanaman air tertentu dan menjadi racun bagi makhluk hidup lain.
Banyaknya padatan menunjukkan banyaknya Lumpur yang terkandung dalam air. Pada
dasarnya Nitrat Nitrogen sebagaiÄair yang tercemar selalu m,engandung
padatan. sumber nitrat banyak terdapat
di udara. Hanya sedikit sekali organisme yang dapat langsung memanfaatkan
nitrogen udara.Pengubaha dari nitrogen bebas di udara menjadi nitrat dapat
dilakukan secara biologis maupun Fosfor
Protein dan zat organic lainnya mengandung fosfor.Äkimia. Herbiivora yang makan tumbuhan akan
mendapatkan fosfor. Bila tumbuhan dan hewan tersebut mati, maka bakteri
pengurai akan mengembalikan fosfor itu ke dalam air sebagai zat organic
terlarut.
4. Jelaskan pengertian COD dan BOD!
Jawab: COD singkatan dari Chemical Oxygen Demand, atau
kebutuhan oksigen kimia untuk reaksi oksidasi terhadap bahan buangan di dalam
air yang merupakan suatu pengujian yang menentukan jumlah oksigen yang
dibutuhkan oleh bahan oksidan untuk mengoksidasi bahan organic yang terdapat
dalam air. BOD singkatan dari Biological Oxygen Demand, atau kebutuhan oksigen
biologis untuk memecah bahan buangan di dalam air oleh mikroorganisme yang
merupakan pengukuran yang menunjukkan jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan
organisme hidup untuk menguraikan atau mengoksidasi bahanbahan buangan di dalam
air.
5. Jelaskan cara-cara penanganan sampah untuk mencegah pencemaran tanah!
Jawab:
-Penimbunan (dumping) yakni dengan
maksud untuk menutupi rawa, jurang, lekukan tanah di tempat terbuka dan di laut
(reklamasi).
- Lanfill (pengisian tanah) yakni dengan mengisi tanah
berlegok dengan sampah kemudian ditimbun/ditutup dengan tanah.
- Pencacahan (grinding) yakni limbah organic dimasukkan dalam
alat penggiling sehingga menjadi kecil-kecil lalu dialirkan ke tempat
pengolahan lebih lanjut.
- Pengkomposan (composting) yakni
pengolahan limbah untuk memperoleh kompos untuk menyuburkan tanah.
Mikroorganisme membantu menguraikan limbah organic menjadi anorganik pada suhu
dan kelembaban udara yang sesuai dengan kehidupanmikroorganisme tersebut.
- Pembakaran (incineration) yakni dengan hasil gas dan
residu.
- Pirolisis yakni mengolah limbah
dengan proses dekomposisi senyawa kimia pada suhu tinggi dengan pembakaran
tidak sempurna atau suatu proses penguraian kimia deoksigenasi, denitrogenasi,
misalnya menjadi cairan, gas dan padatan dari limbah yang berasal dari
selulosa.
6. Jelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi
dampak limbah berbahaya! Jawab:
Mengurangi penggunaan zat-zat kimia
terhadap kegaiatn produksi yang
Memisahkan sampahûberpotensi menghasilkan limbah yang
berbahaya Sebisa mungkin mengganti
bahan baku organik dan sampah anorganik. Menciptakanûproduksi
yang berupa zat kimia menjadi zat-zat yang alami. kesadaran akan pentingnya kesehatan
dengan belajar hidup sehat Membuat suatu
peraturan yang isinya menekankan pada pengolahan limbah Mengupayakan suatu metode atau cara untukûagar tidak terlalu berbahaya mengolah limbah
7. Isu global yang berkaitan
dengan masalah lingkungan adalah pemanasan global, lubang ozon
dan hujan asam. Jelaskan! Jawab:
Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata
atmosfer, laut dan daratan bumi akibat adanya gas-gas rumah kaca yaitu uap air,
karbondioksida, metana, nitrat oksida,dan kloroflurokarbon di atmosfer. Pada
saat ini bumi menghadapi pemanasan yang cepat. Menurut para ahli meteorologi,
selama seratus tahun terakhir, rata-rata temperatur ini telah meningkat dari
15oC menjadi 15.6oC. Hasil pengukuran yang lebih akurat oleh stasiun
meteorologi dan juga data pengukuran satelit sejak tahun 1957, menunjukkan
bahwa sepuluh tahun terhangat terjadi setelah tahun 1980, tiga tahun terpanas
terjadi setelah tahun 1990. Secara kuantitatif nilai perubahan temperatur
rata-rata bumi ini kecil tetapi dampaknya sangat luar biasa terhadap Lubang ozon merupakan celah yang timbul
akibat adanya@lingkungan. penurunan konsentasi ozon yang terjadi pada
lapisan stratosfer. Dan penyebab utamanya adalah sekelompok zat kimia yang
disebut CFC sebagai Hujan asam@zat buatan manusia yang biasa
digunakan untuk aerosol. didefinisikan
sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat
asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut
dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini
sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah
yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. Hujan asam disebabkan oleh belerang
(sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di
udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen
oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk
membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama
air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah
dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman.
Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus