Selasa, 30 Oktober 2012

Jurnal Penutup dan Neraca Saldo Setelah Penutupan



Pernahkah Anda mengenal jurnal penutup?, dan bagaimana pula dengan Neraca Saldo setelah penutupan? Baik, mari kita pelajari satu persatu.
1. Jurnal Penutup

Akun pendapatan dan beban merupakan akun nominal atau akun sementara yang dibuka untuk menghitung laba/rugi perusahaan selama satu periode. Akhirnya saldo laba/rugi dipindahkan (ditutup) ke akun modal,
sehingga akun sementara itu bersaldo nol. Begitu juga dengan akun prive merupakan akun sementara yang digunakan untuk menampung (mencatat) penarikan modal selama satu periode akuntansi. Saldo prive ini juga dipindahkan (ditutup) ke akun modal.

Proses pemindahan akun sementara ke akun modal dicatat dalam jurnal umum yang disebut dengan jurnal penutup. Setelah selesai jurnal penutup kemudian diposting (dipindahbukukan) ke dalam buku besar yang sesuai. Sehingga akun buku besar nominal akan benar-benar bersaldo nol.

Dapatkah Anda mengambil kesimpulan dari uraian di atas?
Jadi jurnal penutup adalah pencatatan pemindahan saldo akun nominal (sementara) berupa pendapatan dan beban ke akun modal melalui ikhtisar laba/rugi, serta pemindahan saldo akun prive ke akun modal.
Dengan demikian fungsi jurnal penutup adalah:
Menghitung jumlah laba/rugi dari akun pendapatan dan beban.
Memindahkan (menolkan) saldo akun sementara ke akun modal untuk pencatatan periode berikutnya.
Menghitung modal akhir periode.
Akun mana saja yang perlu ditutup?
Sebagaimana yang telah Anda ketahui sebelumnya bahwa ada beberapa akun yang biasanya perlu ditutup pada akhir periode, yaitu:
Akun pendapatan.
Akun beban.
Akun ikhtisar laba/rugi atau saldo laba/saldo rugi.
Akun prive.
Contohnya:
a.
b.
c.
d.
Berikut ini dapat Anda perhatikan contoh menutup buku besar. Data yang diambil dari perusahaan jasa “Ryan Service” per 31 Desember 1999. Lihat kembali kertas kerja yang telah selesai Anda kerjakan.

Agar dapat membantu pemahaman Anda berhubungan dengan cara membuat jurnal penutup serta keterkaitannya dengan Neraca Saldo setelah penutupan, maka pada bagian akhir kegiatan ini akan disajikan dengan contoh praktek. Namun sebelumnya coba Anda pelajari dulu materi tentang Neraca Saldo Setelah Penutupan.
2. Neraca Saldo Setelah Penutupan

Apa itu Neraca Saldo setelah penutupan?
Neraca Saldo setelah penutupan adalah neraca saldo yang disusun setelah akun nominal atau akun sementara ditutup atau di-nol-kan saldonya dengan cara membuat jurnal penutup.

Jadi Neraca Saldo setelah penutupan berisi akun-akun riil saja, (harta, utang dan modal). Yang berguna untuk memeriksa keseimbangan jumlah saldo debet dengan kredit akunakun buku besar setelah dilakukan penutupan. Neraca Saldo setelah penutupan ini juga diperlukan sebelum proses akuntansi periode berikutnya.
Untuk diingat!

Mengapa akun nominal (pendapatan dan beban) tidak dimasukkan ke dalam Neraca Saldo setelah penutupan? Akun tersebut tidak dicatat karena sebelumnya saldonya telah di-nol-kan (ditutup) dengan bantuan jurnal penutup yang telah dikerjakan. Contoh berikut dapat Anda pelajari sesuai siklus akuntansi yang harus dikerjakan. Pada perusahaan jasa “Ryan Service” mulai dari Buku Besar, Kertas Kerja, Jurnal Penyesuaian, Jurnal Penutup dan Neraca Saldo Setelah Penutupan.

Perhatikan data berikut ini!











Bila jurnal penutup tersebut diposting ke dalam buku besar, maka dapat diketahui adanya buku besar yang bersaldo dan sebagian lagi saldonya sudah nol. (tidak bersaldo.

Setelah diposting ke buku besar jurnal penutup, maka kembali disusun neraca saldonya, yang disebut dengan neraca saldo setelah penutupan. Seperti yang disajikan berikut ini.

Seperti itulah, siklus akuntansi yang harus dilakukan oleh bagian akuntansi di mana kegiatannya selalu berkelanjutan dan tidak pernah berhenti selama perusahaan tersebut masih menjalankan usahanya. Neraca saldo setelah penutupan ini merupakan data awal akuntansi periode berikutnya.

Contoh praktek di atas, rasanya cukup memberikan pemahaman kepada Anda tentang jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan.

Supaya Anda lebih menguasai materi tersebut diharapkan hendaknya Anda rajin terus berlatih. Bahkan menyenangkan juga bila Anda ingin mencoba mengerjakan praktek akuntansi tersebut mulai dari awal yaitu dari bukti transaksi dianalisis, kemudian dicatat dalam jurnal terus dilanjutkan ke buku besar, dari buku besar disusun saldo sementara ke dalam neraca saldo, begitu seterusnya sampai menyusun laporan keuangan perusahaan. Anda akan merasakan seolah-olah telah bekerja langsung pada sebuah perusahaan secara nyata.
Rangkuman
Dalam perusahaan perseorangan saldo rugi/saldo laba dan prive diperhitungkan ke modal. Jumlah pendapatan diselisihkan dengan beban, bila pendapatan lebih besar dari beban berarti memperoleh laba yang sifatnya menambah modal, sebaliknya bila pendapatan lebih kecil dari beban maka diketahui kerugian yang sifatnya mengurangi modal.

Untuk memeriksa keseimbangan jumlah saldo debet dan saldo kredit akun-akun buku besar setelah diadakan penutupan, maka disusunlah suatu daftar yang disebut juga dengan Neraca Saldo Setelah Penutupan. Neraca Saldo Setelah Penutupan berisi akun riil saja, yaitu: harta, utang dan modal.

Sumber : www.e-dukasi.net

Untuk mengakhiri kegiatan ini, Anda kerjakan tugas berikut berupa soal dalam bentuk pilihan ganda. Selamat bekerja!
Petunjuk: Untuk soal berikut pilihlah satu jawaban yang paling benar!
Pencatatan pemindahan saldo akun nominal (pendapatan dan beban) ke akun modal melalui akun ikhtisar laba-rugi disebut .....
Jurnal Umum 
Jurnal penyesuaian 
Jurnal penutup
Buku besar
Neraca Saldo
1. Menguji kebenaran pencatatan dalam kertas kerja.
2. Me-nol-kan saldo akun sementara ke akun modal.
3. Menyesuaikan saldo akun yang sesungguhnya.
4. Memudahkan penyusunan laporan keuangan.
5. Mencatat perubahan harta, utang dan modal secara lebih rinci.
Pernyataan di atas yang merupakan fungsi jurnal penutup adalah nomor ......
3
4
5
1. Akun pendapatan
2. Akun prive
3. Akun beban
4. Akun ikhtisar laba/rugi atau saldo laba/rugi
Akun di atas, merupakan akun yang perlu ditutup di akhir periode adalah nomor ......
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1, 2 dan 3
d. 2, 3 dan 4
e. 1, 2, 3 dan 4
Jurnal penutup untuk menutup akun prive adalah ......
Akun pendapatan jasa saldonya Rp.800.000,00. Jurnal penutup yang perlu dibuat adalah
.....
Pada kertas kerja diketahui saldo laba (Ikhtisar Laba/Rugi) Rp.1.500.000,00. Jurnal penutup untuk saldo laba tersebut adalah ......
Menutup akun buku besar dalam siklus akuntansi termasuk tahap ......
Analisis 
Pelaporan 
Pencatatan
Pengikhtisaran
Penggolongan
Neraca saldo setelah penutupan adalah ......
Daftar saldo akun setelah akun buku besar ditutup.
Daftar saldo akun yang disusun akhir periode.
Neraca saldo yang tidak mencantumkan saldo laba/rugi.
Neraca saldo yang berisi daftar harta dan modal saja.
Neraca saldo yang diberi dua garis mendatar di bawah jumlah.
Semoga sukses .....!


Jawaban Soal:

1. C
2. B
3. E
4. A
5. A
6. B
7. D
8. A




3 komentar:

  1. terima kasih atas info nya boy..,,

    terus update data data yang berkualitas

    BalasHapus
  2. kita juga punya nih jurnal mengenai laba dan rugi perusahaan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3468/1/JURNAL%20_21205189__2.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus